Sejarah Negara

Website History

Menu

2 karya Teori Ekonomi Allais

November 14, 2014 | Biografi

2 karya Teori Ekonomi Allais – Karya Allais yang luar biasa kompleks, panjang, dan sangat detail tertuang dalam dua karyanya, yaitu : In Search of an Economic Discipline setebal 900 halaman dan Economy and Interest setebal 800 halaman.

Karya tersebut diselesaikan semasa pendudukan Nazi Jerman di Prancis. Dalam kondisi perang tersebut, Allais berhasil menyelesaikan tulisan dan karya monumentalnya. Lindbeck memuji Allais sebagai sosok analis teori ekonomi yang hebat.

Dalam karya inovatif teoretisnya, Allais berusaha menyeimbangkan manfaat sosial dengan efisiensi ekonomi dalam rencana harga monopoli milik negara seperti perusahaan utilitas. Prinsip-prinsipnya menyebabkan perusahaan-perusahaan negara mempertimbangkan cara-cara agar harga barang atau jasa bisa mencapai hasil yang sebelumnya dicapai melalui peraturan saja.

Allais disebut sebagai sosok yang mampu memberikan pencerahan berbagai persoalan ekonomi Eropa. Ia membuat eksperimen dengan menggunakan simulasi lotre (pilihan), yaitu :

1. Alternatif pertama : terdapat lotre dengan probabilitas besar untuk mendapatkan hadiah kecil.

2. Alternatif kedua : terdapat lotre dengan probabilitas kecil untuk mendapatkan hadiah besar.

2 karya Teori Ekonomi Allais

Allais

Selanjutnya Allais menguji simulasi tersebut dengan mengajukan dua pertanyaan mendasar bagi kelinci percobaannya.

Pertanyaan pertama

Jika disuruh memilih secara gratis, alternatif mana yang dipilih? Atas pertanyaan ini, Allais mendapatkan jawaban terbanyak adalah alternatif pertama.

Pertanyaan kedua

Jika disuruh membayar, alternatif mana yang dibayar lebih mahal? Atas pertanyaan tersebut, Allais menemukan alternatif kedua sebagai jawaban terbanyak.

Jawaban tersebut mematahkan Teori Utilitas. Sebab, ketika diminta untuk menjawab, responden berpikir dengan sangat rasional, yaitu memilih resiko terendah dengan hasil lebih rendah pula (alternatif peretama).

Namun, menjadi tidak rasional atau tidak konsisten ketika responden bersedia membayar lebih mahal untuk resiko lebih rendahlah yang lebih berhak mendapatkan bayaran lebih tinggi.

Allais diklaim telah berhasil memperkaya teori pasar dan efisiensi penggunaan sumber-eumber. Ia berhasil meramu permintaan-penawaran ekonomi dengan formulasi persamaan matematika dari keseimbangan pasar dan efisiensi kekayaan pasar.

Teori ekonomi tersebut menjelaskan bagaimana sistem harga dapat bekerja untuk keseimbangan ekonomi. Teori ini juga dapat menerangkan secara sederhana perihal ekonomi pasar bebas. Suatu keadaan seimbang dapat dicapai dengan redistribusi sumber-sumber tertentu, sebuah teori yang penting bagi perencanaan sektor umum melalui kontrol harga.

Gagasan ekonomi Allais telah menjadi bagian penting dalam konteks perhatiannya terhadap jumlah uang yang beredar yang mengarah kepada analisis makro dinamik moneter. Atas kontribusi tersebut, Komite Nobel Ekonomi sepakat menempatkan Allais sebagai pemenangnya.

Allais dianggap telah memberikan terobosan baru dalam dinamika pasar bebas. Teorinya memberikan arah angin baru terciptanya keseimbangan ekonomi.

Dalam sebuah komentar, Allais mengatakan : “Motivasi saya sejak kecil adalah bagaimana menciptakan kondisi hidup manusia yang lebih baik. Itulah mengapa saya selalu menghimpun sebanyak mungkin persoalan yang dihadapi dunia.”

Ingin tahu lebih jauh siapa Allais? Silahkan baca di Maurice Felix Charles Allais peraih Nobel Ekonomi tahun 1988

Teori yang diciptakan Allais telah membantu dunia. Teori itupun digunakan oleh berbagai pemerintahan untuk melakukan perencanaan sektor-sektor yang menyangkut kepentingan umum.

Related For 2 karya Teori Ekonomi Allais