Zaman Prasejarah

Posted By Supriyadi Pro on Oct 2, 2012 | Tuesday, October 02, 2012

Prasejarah. Zaman prasejarah dapat diartikan sebagai zaman pada saat manusia belum mengenal tulisan. Prasejarah disebut juganirleka, yaitu zaman tidak ada tulisan. Adakah batas-batas zaman prasejarah? Zaman prasejarah dimulai sejak adanya manusia sampai manusia mengenal tulisan, Jadi, jika manusia sudah mengenal tulisan berarti manusia mulai meninggalkan zaman prasejarah dan memasuki zaman sejarah.

Sumber-sumber apakah yang digunakan untuk mengetahui kehidupan zaman sejarah? Ada beberapa sumber yang digunakan untuk mengetahui kehidupan prasejarah, antara lain fosil dan artefak. Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu. Hal ini terjadi karena sisa-sisa makhluk hidup tersebut tertimbun tanah dalam kurun waktu yang sangat lama, serta pengaruh suhu bumi. Fosil yang dapat memberi petunjuk tentang kehidupan zaman purba disebut fosil (leifosil).

Gambar hewan yang hidup pada zaman prasejarah

Artefak adalah alat-alat yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Peralatan yang digunakan Manusia purba terbuat dari batu, tulang maupun logam. Ada dua macam cara mempelajari peninggalan sejarah zaman purba, yaitu secara stratigrafi dan tipologi.

Secara stratigrafi, yaitu mempelajari peninggalan purba berdasarkan letaknya di dalam lapisan tanah (sesuai usia lapisan tanah). Berdasarkan cara ini dapat disimpulkan bahwa benda yang ditemukan pada lapisan atas umurnya lebih muda daripada yang ditemukan pada lapisan tengah. Demikian juga benda yang ditemukan pada lapisan tengah lebih muda daripada yang ditemukan di lapisan bawah.

Cara ini mempunyai kelemahan, karena belum tentu benda di lapisan atas lebih muda dari lapisan di bawahnya. Hal tersebut dapat diakibatkan perubahan permukaan bumi. Misalnya: gempa bumi, pergeseran tanah, patahan, munculnya gunung baru, sangat menentukan letak lapisan tanah.

Sedangkan cara mempelajari secara tipologi, yaitu suatu cara mempelajari peninggalan purba dengan mengelompokkan benda-benda purbakala ke dalam kelompok yang sejenis. Cara ini digunakan untuk mendukung cara stratigrafi.

Demikian sekilas pembahasan mengenai Zaman Prasejarah, semoga menjadikan tambahan pengetahuan bagi anda yang suka mempelajari sejarah.
Berikutnya: Pembagian zaman berdasarkan corak kehidupan
Blog, Updated at: Tuesday, October 02, 2012