Monday, October 28, 2013

Hubungan internasional Australia

Kota-kota pelabuhan laut di Australia terletak di Adelaide, Sidney dan Melbourne. Sydney adalah kota terbesar di Australia dan pusat perdagangan terbesar. Pert merupakan pintu Australia bagian barat.

Pelabuhan udara terpenting terdapat di Darwin, ibu kota wilayah utara. Di pelabuhan Sidney terdapat opera house yang terbesar. Perhubungan antar pulau diusahakan dengan kapal ferry. Di Australia Barat terdapat jalan kereta api yang lurus dan terpanjang di dunia.

Indonesia dan Australia memiliki hubungan diplomatik. Pada waktu perang kemerdekaan Indonesia, Australia duduk sebagai anggota KTN (Komisi Tiga Negara), yaitu Australia, Amerika Serikat dan Belgia. Tentang KTN selengkapnya dapat di lihat pada artikel sejarah Agresi militer Belanda 1 dan 2 melanggar 2 persetujuan.

Ekspor Indonesia ke Australia yaitu minyak bumi mentah, teh, kacang-kacangan, kopi dan buah-buahan. Impor Indonesia yaitu hasil penyulingan minyak, gandum, seng, susu, cream, lembaran besi dan baja.

Penanaman modal Australia pada industri susu di Indonesia yaitu susu Indomilk. Australia pernah menggarap proyek pembuatan jalan raya di Kalimantan Barat antara kota Ngabang dan Songan sepanjang 86 km, yang disebut KIARP (Kalbar Indonesia - Australian Road Proyect). Kerja sama di bidang  farmasi seperti Conimex.

Baca juga hal-hal yang berkaitan dengan Australia dan patut diketahui :
Peta Benua Australia
Relief Australia
Tentang Benua Australia
Pertanian dan peternakan di Australia
Tentang negara Australia

Itulah yang dapat kami informasikan Hubungan internasional Australia, semoga menjadi tambahan catatan sejarah bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Hubungan internasional Australia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *