Oct 9, 2013

Pertanian dan peternakan Amerika Serikat

Amerika Serikat produsen terbesar gandum (wheat), jagung (corn), kapas (cotton), daging, susu, mentega dan keju. Pertanian dan peternakan di USA maju karena pemakaian mesin-mesin serta adanya berbagai macam daerah iklim.

Gandum yang ada di dataran Mississipi bagian tengah termasuk jenis gandum musim dingin. Di bagian utara di daerah danau-danau besar terdapat tanaman jenis gandum musim dingin. Kota pusat industri gandum terletak di kota Minneapolis.

Pabrik tepung gandum terdapat di Chicagos, St. Paul, dan New York. Negara penghasil gandum nomor 1 di dunia adalah USA, nomor 2 USSR dan nomor 3 Canada.

Amerika Serikat merupakan negara produsen jagung nomor 1 di dunia meliputi kurang lebih 60% produksi dunia. Jagung tidak diekspor melainkan untuk makanan ternak, tepung, minyak goreng, lem dan spiritus.

Daerah penghasil kapas di hilir Sungai Mississipi sampai teluk Mexico. Produksi kapas hampir 50% dari produksi dunia. Kapas ditanam dan diusahakan oleh orang Negro dan disebut Black Belt. Di sepanjang pantai Teluk Mexico ditanam padi dan tebu. Di California ditanam anggur, jeriuk dan persik.

Daerah Tennessee Valley Autoroty (TVA) merupakan daerah gersang dan tandus yang diubah menjadi daerah yang subur dan makmur dengan cara sebagai berikut :
1. Gunung-gunung gundul dihijaukan dengan jalan reboisasi.
2. Sungai Tennesse dikeruk dan dibangun bendungan-bendungan sehingga dapat dilayani :
  • Irigasi untuk pengairan dan perluasan daerah pertanian.
  • Dibangun bendungan sebaai pusat hydro lstrik.
Peternakan babi dan lembu yang besar terdapat di daerah jagung (corn belt), karena jagung adalah makanan ternak babi dan lembu.

Perusahaan daging terbesar Amerika Serikat terletak di Chicago dan St. Louis. Sapi perah terdapat di negara bagian timur laut.

Related Posts

Pertanian dan peternakan Amerika Serikat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *