Pertanian, pertambangan dan industri Selandia Baru

Pertanian
Ekspor utama Selandia Baru terbesar berasal dari peternakan, yaitu daging, mentega, keju dan wol. Pertanian diusahakan untuk menanam rumput yang dijadikan makanan ternak dan juga sayur-sayuran, buah-buahan dan anggur.

Hasil hutannya yaitu kayu untuk industri pulp (bubur kayu) kertas dan perabot rumah. Penghasil kayu keras daerah Kawerau dan Tokoroadon Rotorua. Kayu lunak terdiri dari cypres dan pinus. Jenis pohon yang ada antara lain Nikan palm dan Rata, yaitu jenis tumbuhan yang merambat dan bunganya enak dan berbau harum.

Pertambangan dan industri
Tambang batubara dan besi terdapat di daerah Waikato. Tambang minyak dan gas alam terdapat di daerah Taranaki dan di lepas pantai.

Bukit kapur untuk industri kimia terdapat di Auckland. Penyulingan minyak bumi terletak di Auckland dan Whangarei. Peleburan besi terletak di Auckland.

Pusat industri pembuatan barang-barang terdapat di Auckland dan Wellington. Penduduk yang bekerja di perindustrian ada 25% dari seluruh penduduk. Tambang bijih besi terletak di Mount Egmont. Partner industri Selandia Baru yang tetap adalah Inggris.

Hasil industri perikanan merupakan ekspor terpenting bagi Selandia Baru. Tempat PLTA terbanyak di Pulau Selatan, yaitu :
1. Benmore di Sungai Waitaki.
2. Roxborgh di Sungai Clutah.
3. Yang terbesar di Danau Manapoun seluas 1.000.000 kw.

Pertanian, pertambangan dan industri Selandia Baru