Dec 15, 2013

Bangsa Spanyol datang ke Maluku tahun 1521

Rekomendasi Google:
Pada tahun 1521 bangsa Spanyol sampai di Maluku. Mereka mendapatkan Portugis di Ternate (seperti telah di bahas pada Sejarah singkat kedatangan portugis pertama kali di indonesia). Oleh karena itu, mereka berlayar ke Tidore dan disambut dengan hangat oleh Sultan Tidore. Orang-orang Spanyol kemudian membantu Tidore menghadapi Ternate yang dibantu oleh Portugis.

Kedatangan orang Spanyol di Maluku menggelisahkan orang Portugis, karena mereka tidak mau mendapat saingan dari bangsa Eropa laonnya. Bangsa lain dianggap dapat mengganggu politik monopoli perdagangan rempah-rempah mereka.

Oleh karena itu, terjadi permusuhan antara orang Portugis dan orang Spanyol. Dalam permusuhan itu, Portugis dibantu oleh Tidore sedangkan Spanyol dibantu oleh Ternate. Pada tahun 1529, Portugis dan Ternate berhasil mengalahkan Tidore dan Spanyol. Namun, kapal-kapal Spanyol masih mengunjungi Maluku.

Pada tahun 1580, Raja Philip II dari Spanyol menyatukan Portugal di bawah kekuasaannya dan memerintahakan Gubernur Jenderal Spanyol di Filipina agar tidak mencampuri urusan Portugis di Maluku serta memberi bantuan kepada Portugis apabila diminta.

Dengan demikian, Spanyol harus meninggalkan Maluku. Pada akhir abad ke-16, Portugis mendapat pesaing baru, yaitu Belanda dan Inggris.

Related Posts

Bangsa Spanyol datang ke Maluku tahun 1521
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *