Jan 21, 2014

Tentang negara Zaire (Republik Demokratik Kongo)

Rekomendasi Google:
Republik Zaire dahulu merupakan jajahan Belgia (Konggo Belgia). Zaire merdeka pada tahun 1960. Saat ini bernama Republik Demokratik Kongo. Pada awal kemerdekaannya terjadi ketegangan di antara pemimpin-pemimpin politiknya, karena ada campur tangan tentara serta ekonomi Belgia.

Pernah terjadi campur tangan PBB dengan mengirimkan tentara gabungan. Indonesia pun mengirimkan tentara ke sana di bawah bendera PBB. Sekarang Zaire merupakan negara terluas di Afrika setelah Sudan.

Letak
Negara ini dilewati garis Khatulistiwa, terletak antara 10 derajat LU - 12 derajat LS dan 9 derajat BT - 31 derajat BT. Di sebelah barat di bawatasi oleh Kongo dan laut Atlantik, sebelah Utara oleh Republik Afrika Tengah dan Sudan, sebelan timur oleh Uganda, Ruanda, Burundi dan Tanzania, serta sebelah selatan oleh Zambia dan Angola.

Keadaan alam
Zaire terletak di sebagian besar ledok S. Kongo. Di sebelah timur dan tenggara terdapat dataran tinggi yang mencapai 1830 meter. Pegunungan Rawencori yang terletak di perbatasan dengan Uganda ketinggiannya mencapai 3000 meter.

Negara tersebut hanya memiliki garis pantai yang pendek sekitar 40 km di pantai Atlantik. Pinggir timur Great Rifti Valley memiliki danau-danau Albert, Edward, Kivu dan Tanganyika. Sungai Kongo mengalir sepanjang 4660 km. Hulunya di tenggara, mula-mula mengalir ke arah utara lalu beralih ke barat akhirnya ke arah barat daya ke laut Atlantik.

Sungai Kongo merupakan kumpulan aliran dari anak-anak sungainya, yaitu sungai Lomami, Ubangi, Kasai dan Kwango.

Iklim
Ledok Kongo beriklim tropik, dengan suhu rata-rata hampir konstan yaitu 25 derajat celcius, dan dua kali musim hujan. Hujan rata-rata tahunannya 1.524 mm. Di sebelah selatan terdapat perbedaan yang agak besar.

Flora dan fauna
Hampir seluruh bagian utara dan tengah Zaire ditutupi lautan hujan tropik, sedangkan di sebelah selatan terdapat padang rumput yang luas. Di pegunungan terdapat hutan bambu semak. Sungai-sungai yang terletak di pantai laut Atlantik di kelilingi rawa-rawa.

Terdapat berjenis-jenis binatang yang khas Afrika Tengah, yaitu kera, gorila gajah, jiraf, singa, leopard, zebra, antelop dan hipopotamus. Ada sejumlah jenis reptil, burung, ikan dan insek.

Penduduk
Zaire memiliki 200 kelompok etnik, yang termasuk orang Bantu. Di ujung utara dan timur dihuni oleh orang Sudan dan Nilotik. Di timur laut dihuni oleh orang Azanda, tenggara orang Luba dan di Kongo hilir di diami orang Kongo. Penduduk asli Ledok Kongo adalah orang Pygme, yang jumlahnya semakin lama semakin berkurang.

Sebagai tambahan saja, orang Pygme merupakan manusia terpendek di dunia. Sedangkan orang Dinka yang menghuni Nil bagian selatan merupakan manusia tertinggi di dunia.

Lihat peta Republik Demokratik Kongo di Google map.



Related Posts

Tentang negara Zaire (Republik Demokratik Kongo)
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *