Pengaruh Revolusi Prancis bagi Indonesia

Prancis pernah menjajah Belanda. Negeri Belanda dijadikan sebagai kerajaan bawahannya. Padahal Belanda sendiri pada saat itu sedang menjajah Indonesia. Pada saat Belanda dipimpin oleh Louis Napoleon, seorang raja Prancis, ia mengangkat Herman Willem Daendels untuk memerintah di Indonesia dan mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris.

Oleh karena itu, ketika Prancis mengalami suatu revolusi, hal itu berpengaruh terhadap situasi di Belanda, bahkan ke Indonesia. Pengaruh Revolusi Prancis terhadap Indonesia terlihat dalam kebijakan-kebijakan dihapusnya tanam paksa oleh kaum liberal, mulai dilaksanakannya penanaman modal swasta di Indonesia, makin banyak dibangunnya sarana produksi dan usaha-usaha produksi, yaitu dikeluarkannya Undang-undang Agraria pada tahun 1870.

Pelaksanaan liberalisme di Indonesia menimbulkan penderitaan rakyat. Namun, dalam perkembangannya paham ini menimbulkan semangat nasionalisme untuk mengusir penjajah. Ternyata, nasionalisme juga berkembang di negara-negara Asia, terutama yang masih dijajah. Paham demokrasi juga berkembang di negara-negara yang telah merdeka.

Related Posts

Pengaruh Revolusi Prancis bagi Indonesia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *