Karakteristik masyarakat madani

Penyebutan karakteristik masyarakat madani dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa dalam merealisasikan wacana masyarakat madani diperlukan prasyarat-prasyarat yang menjadi nilai universal dalam penegakan masyarakat madani. Karakteristik tersebut antara lain : free public sphere, demokrasi, toleransi, pluralisme, keadilan sosial (social justice), dan berkeadaban.

Adapun menurut Anwar Ibrahim, dalam masyarakat madani terdapat prinsip-prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individual dan kestabilan masyarakat. Ada dorongan, upaya, serta inisiatif individu dalam bidang pemikiran seni, ekonomi, dan teknologi. Adapun pelaksanaan pemerintahan yang menaati undang-undang dan hukum yang berlaku dengan baik.

Ciri-ciri masyarakat madani dalam kehidupan yaitu adanya kesukarelaan, keswasembadaan, keswadayaan, serta keterikatan yang tinggi dengan norma-norma atau nilai-nilai hukum yang dianut warganya.

Karakteristik masyarakat madani adalah sebagai berikut :
  1. Secara sadar dan sukarela bekerjasama antarwarga secara kompak dalam bentuk organisasi sosial, kelompok masyarakat, atau asosiasi lainnya.
  2. Secara sadar dan sukarela berusaha memberdayakan dirinya.
  3. Mandiri, berswadaya, berswasembada serta bersaing secara sehat.
  4. Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
  5. Demokrasi, toleransi, menghargai HAM, dan menjunjung tinggi tegaknya HAM.

Related Articles:

Karakteristik masyarakat madani