4 peninggalan kebudayaan mesir kuno

Prasejarah. Mesir merupakan satu-satunya pusat kebudayaan tertua di Benua Afrika. Hal ini diketahui dari penemuan sebuah batu tulis di daerah Rosetta oleh pasukan Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte. Batu tulis tersebut berhasil di baca oleh seorang Prancis bernama Jean Francois Champollion pada tahun 1800.

Sejak ditemukannya batu tulis tersebut terbukalah tabir sejarah Mesir Kuno yang berasal dari tahun 4000 SM. Berkat adanya Sungai Nil, daerah Mesir menjadi daerah yang subur. Seorang ahli sejarah Yunan (Herodotus) menjuluki daerah Mesir sebagai hadiah dari Sungai Nil. Hal ini telah dibahas pada artikel sebelumnya, selengkapnya lihat Peradaban tiga zaman Mesir Kuno

Berikut 4 peninggalan kebudayaan mesir kuno :

Tulisan Heiroglyph 4 peninggalan kebudayaan mesir kuno
1. Tulisan Heiroglyph
Huruf Heiroglyph pada awalnya merupakan huruf gambar. Dari huruf tersebut muncul tulisan batu yang disebut hierotis yang dipergunakan oleh para pendeta Mesir untuk keperluan keagamaan dan huruf demotis yang dipergunakan yang dipergunakan oleh rakyat. Huruf heiroglyph digunakan terus-menerus sampai pada abad ke-5 sesudah Masehi.


Piramida 4 peninggalan kebudayaan mesir kuno
2. Piramida
Piramida adalah bangunan raksasa dari batu yang digunakan sebagai makam raja-raja beserta keluarga. Piramida pertama di bangun oleh Imhotep untuk makam Firaun Sozer. Piramida yang paling besar adalah piramida Raja Chufu (Cheops).

Sphinx 4 peninggalan kebudayaan mesir kuno
3. Sphinx
Sphixn adalah bangunan raksasa dari batu yang berupa singa berkepala manusia yang didirikan di depan sebuah piramida. Sphinx merupakan lambang kekuasaan dan pemerintahan dari seorang raja Mesir yang dimakamkan pada piramida tersebut. Badan Sphinx merupakan lambang kekuatan dari raja yang memerintah, sedangkan kepala sphinx merupakan lambang kebijaksanaan.

4. Kota-kota kuno di Mesir
Kota-kota kuno di Mesir sangat erat hubungannya dengan kekuasaan raja-raja Mesir Kuno. Kota-kota tersebut sebagai berikut :
a. Kota Gizeh, terdapat bangunan piramida yang terbesar dan terkenal (piramida Raja Cheops) dengan ketinggian 137 meter.

b. Kota Deir el Bahri, di kota ini ditemukan bangunan tempat pemujaan masyarakat Mesir seperti Kuil Dewa Amon yang dibangun oleh Ratu Hatshepsut.

c. Kota Abu simbel, ditemukan bangunan kuil yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Ramses II.

d. Kota Memphis dan Thebe, di kedua kota ini terdapat bangunan-bangunan istana yang sangat megah dan indah.
Advertisement
4 peninggalan kebudayaan mesir kuno