Persebaran kebudayaan perunggu

Prasejarah. Benda-benda peninggalan di zaman perunggu di Asia Tenggara untuk pertama kalinya ditemukan di Dongson, Vietnam bagian utara. Bekas kuburan di Dongson berisi benda-benda dari perunggu serta besi.

Benda-benda tersebut antara lain nekara, genderang perunggu, kapak perunggu dengan beraneka ragam bentuk (besar, kecil, pendek, lebar, dan bulat), candrasa (bejana perunggu tempat menyimpan abu jenazah orang yang telah meninggal), perhiasan dari perunggu, arca perunggu, mata uang, dan alat-alat dari besi.

Satu hal yang sangat menarik dari alat-alat tersebut adalah hiasan-hiasan bergambar yang dituangkan pada benda-benda perunggu dan nekara. Misalnya, nekara dengan gambar orang yang sedang melakukan tarian upacara dengan memegang candrasa, yang berpakaian hiasan daun-daunan dan bulu-bulu. Selain itu ada juga nekara bergambar hewan dan tumbuhan.

Ada pula nekara dengan gambar perahu yang dari samping bentuknya seperti bulan sabit dengan bentuk kepala burung pada bagian depan dan ekor burung pada bagian belakangnya.

Benda tersebut merupakan perahu mayat yang banyak digunakan oleh suku bangsa di Asia Tenggara sebagai peti mayat. Menurut kepercayaan mereka, perahu peti mayat itu akan membawa roh dari yang meninggal ke dunia akhirat.

Peninggalan selengkapnya bisa dibaca pada artikel Peninggalan kebudayan zaman Dongson

Related Articles:

Persebaran kebudayaan perunggu