Persebaran manusia pendukung kebudayaan Perahu Bercadik

Prasejarah. Hornell mengadakan penelitian tentang jenis-jenis perahu di Nusantara dan di negara-negara sekitarnya. Berdasarkan penelitian Hornell tersebut dapat disimpulkan bahwa perahu bercadik merupakan perahu khas asli Indonesia.

Keberadaan perahu bercadik di luar Indonesia karena pengaruh atau pembawaan dari bangsa Indonesia. Pengguna perahu bercadik di luar Indonesia misalnya suku bangsa Parawar dan Shanar di India.

Perahu Bercadik
Perahu Bercadik
Di India Selatan ada beberapa suku bangsa yang menurut corak kebudayaan dan fisiknya banyak menyerupai orang-orang Indonesia. Di antara suku bangsa Panawar dan Shanar, suku bangsa Panawar mempunyai latar belakang kebudayaan pantai.


Orang-orang Panawar sejak dahulu terkenal sebagai penyelam mutiara di Teluk Manar. Mereka juga menggunakan perahu bercadik untuk berlayar, sedangkan suku bangsa Shanar mempunyai latar belakang bercocok tanam.

Tanaman utama yang ditanam suku Shanar adalah pohon kelapa. Tanaman kelapa tersebut diperkirakan berasal dari Indonesia melalui Sri Lanka.
Advertisement
Persebaran manusia pendukung kebudayaan Perahu Bercadik