Oct 11, 2014

Biografi singkat Marie Curie penemu Radioaktivitas

Marie Curie lahir pada tanggal 7 November 1867 di Warsawa, Polandia. Nama lengkapnya adalah Maria Salomea Sktodowska. Orang tuanya adalah seorang guru, sehingga kesadaran akan pendidikan di keluarganya sangat tinggi. Ia pun disekolahkan di sekolah lokal di Polandia.

Sang ayahlah orang pertama yang mengajarkan Marie mengenai fisika dan kimia. Marie sangat pandai dan cepat menyerap semua pelajaran. Namun, kondisi Polandia saat itu yang tidak memungkinkan dalam pendidikan membuat Marie memutuskan utnuk pergi ke Prancis, meski harus menunggu 6 tahun untuk melakukannya.

Biografi singkat Marie Curie penemu Radioaktivitas
Ia bisa pergi ke Prancis berkat Bronya, kakaknya yang menikah dengan seorang doktor dan tinggal di Paris. Ia pindah ke Paris saat berusia 24 tahun.

Kecintaan Marie pada ilmu pengetahuan, membuatnya mampu mengalahkan semua kesulitan, termasuk kesulitan berbahasa Prancis. Dua tahun tinggal di Prancis, ia berhasil lulus dari jurusan fisika pada tahun 1893 sebagai lulusan terbaik. Tahun berikutnya, ia lulus dari jurusan matematika pada peringkat kedua dari lulusan terbaik.

Ia bertemu dengan Pierre Curie yang kemudian menikahinya pada Juli 1895. Uang dari hadiah pernikahannya digunakan untuk membeli dua buah sepeda. Marie dan Pierre sangat penyukai petualangan bersepeda, yang bagi mereka merupakan cara menyegarkan diri.

Selanjutnya baca penemuan Marie di artikel : Kisah penemuan Radioaktivitas oleh Marie Curie

Semoga menambah pengetahuan bagi anda yang menyukai sejarah para tokoh penemu di dunia.

Related Posts

Biografi singkat Marie Curie penemu Radioaktivitas
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *