Oct 20, 2014

Biografi singkat Robert Mundell

Robert Mundel lahir di Kingstone, Ontario pada tanggal 24 Oktober 1932. Mundel adalah seorang ekonom yang berhasil mendapatkan penghargaan Nobel Ekonomi atas jasanya dalam bidang moneter. Ia menikah dengan Valerie. Dari pernikahan tersebut ia dianugerahi seorang anak laki-laki bernama Nicholas. Ia dikabarkan pernah menikah sebelumnya dan memiliki 3 orang anak.

Mundel menempuh pendidikan di University of British Columbia, Vancouver. Ia juga menempuh pendidikan di MIT, Amerika Serikat, dan London School of Economics, serta menyelesaikan semua strata akademiknya.

Pada tahun 1956 ia mendapatkan gelar doktor dari Massachusetts Intitute of Technology dengan disertasinya tentang pergerakan modal internasional.

Biografi singkat Robert Mundel
Setelah mendapatkan gelar doktor di MIT, Mundel mengajar di Stanford University dan beberapa universitas lain. Ia merupakan profesor di Paul H. Nitze School of Advanced International Studies, Johns Hopkins University. Ia juga menjadi profesor ekonomi di Columbia University sejak tahun 1974.

Mundel sangat berjasa dalam analisis ekonominya tentang konsep peredaran mata uang dan keikutsertaannya dalam mengembangkan mata uang Euro. Ia dikenal sebagai perintis sebuah gerakan yang melibatkan para pakar ekonomi, yang disebut supply side economics. Teori lain juga ia ciptakan bersama rekannya, Marcus Fleming yang kemudian dikenal dengan model Mundel-Fleming.

Robert Mundel bekerja sama dengan Fleming untuk meneliti nilai tukar rata-rata. Teori mereka menemukan indikasi bahwa tidak mungkin bagi pemerintah untuk memiliki otonomi domestik, kestabilan harga, dan arus modal yang bebas.

Model tersebut mengarah kepada kebijakan pemerintah untuk mempertimbangkan Euro sebagai salah satu mata uang yang berlaku di pasar dunia.

Related Posts

Biografi singkat Robert Mundell
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *