Perjuangan Sultan Hamengku Buwono IX untuk kemerdekaan Indonesia

Sultan Hamengkubuwono IX dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia antara lain sebagai berikut :

1. Sebelum pelaksanaan Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III yaitu Letnan Kolonel Soeharto, meminta restu kepada Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau mengizinkan serangan tersebut.

Peristiwa ini membuktikan dukungan Sultan Hamengkubuwono IX dalam usaha mempertahankan ibu kota negara Indonesia yaitu Yogyakarta pada waktu itu dari pendudukan Belanda.

2. Tanggal 7 Mei 1949, Sultan Hamengkubuwono IX aktif dalam pelaksanaan Persetujuan Roem Royen. Salah satu hasil persetujuan tersebut adalah dilaksanakannya KMB (Konferensi Meja Bundar) untuk mewujudkan pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda.

Perjuangan Sultan Hamengku Buwono IX untuk kemerdekaan Indonesia

Dengan demikian dapat kita ketahui dalam sejarah, bahwa beliau merupakan salah tokoh yang patut kita ketahui pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta. Silahkan lihat-lihat tokoh-tokoh lain yang patut kita ketahui, misalnya 5 kiprah Ir Soekarno3 tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, dan lain-lain.

Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden Soeharto pada periode masa jabatan 24 Maret 1973 - 23 Maret 1978. Selengkapnya bisa anda lihat di artikel Gambar presiden dan wakil presiden Indonesia.

Demikian sedikit yang dapat admin sampaikan, semoga menambah wawasan sejarah kita terhadap bumi pertiwi.

Related Posts

Perjuangan Sultan Hamengku Buwono IX untuk kemerdekaan Indonesia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *