May 25, 2015

Sumber daya alam air Indonesia

Yang termasuk ke dalam sumber daya alam air ialah laut dan perairan di darat. Pembahasan secara rinci sebagai berikut :

Laut

Laut merupakan tempat pemukiman ikan yang sangat luas, sehingga laut merupakan sumber kehidupan bagi penduduk negara Indonesia yang luas wilayahnya perairan lautnya 2,5 kali luas daratan. Hasil penangkapan ikan laut di negara Indonesia berkisar 1,5 juta ton dalam setahun.

Dalam sejarahnya, pada tahun 70-an, karena penggunaan pukat harimau (trawl) digalakkan, produksi ikan tangkapan meningkat dengan pesat. Akan tetapi dampak negatifnya dirasakan besar sekali. Tidak sedikit nelayan tradisional yang kegiatannya mati sama sekali, karena daerah penangkapannya tak mengandung ikan lagi, habis oleh kapal trawl.

Melihat gelagat tak baik bagi kebanyakan nelayan kecil, pemerintah mengeluarkan peraturan yang membuat jumlah dan areal tempat kapal trawl beroperasi. Sekalipun tindakan ini berakibat menurunnya produksi ikan, namun para nelayan tradisional bisa bangkit kembali.

Jenis ikan laut yang ditangkap nelayan Indonesia adalah tongkol, cakalang, bawal, kembung, kakap, layang, selar, dan banyak lagi macamnya. Di samping itu, ikan diambil juga hasil laut yang lain seperti udang, tripang, kerang, agar-agar, dan mutiara.

Disamping menangkap kekayaan laut yang hidup secara liar, diusahakan pula pemeliharaan organisme laut di laut maupun di darat dekat laut, antara lain : pemeliharaan kerang hijau di Teluk Jakarta, pertambakan ikan bandeng dan udang di pantai landai utara Jawa, timur Sumatra Utara dan pemeliharaan tiram untuk menghasilkan mutiara.

Untuk menjaga punahnya penyu, diusahakan pembiakan penyu dengan menjaga dan melindungi wilayah tempat penyu bertelur dan melepaskan anak penyu yang baru menetas ke laut lepas. Di samping itu, terdapat pula sumber daya alam laut yang anorganik, yaitu garam yang diperoleh melalui pembuatan garam di petak-petak tempat menguapkan air laut dan minyak bumi melalui pertambangan lepas pantai (off shore drilling) serta gas bumi.

Sumber daya alam air Indonesia

Perairan darat

Air tawar di perairan darat merupakan sumber ikan yang tak kalah pentingnya dari air asin. Sungai, danau dan rawa merupakan bentang alam yang mengandung air dan yang merupakan habitat bagi ikan dan jenis kerang air tawar. Kolam adalah genangan air tawar yang dibuat orang untuk pemeliharaan ikan. Kecuali kolam biasa, yang airnya tergenang, dewasa ini dikembangkan kolam air deras yang jauh lebih baik dari kolam biasa.

Perairan di darat, selain berfuingsi sebagai sumber produksi ikan dan sebangsanya, berfungsi juga sebagai tempat lalu lintas, sebagai sumber energi listrik, pengairan pertanian, sumber air bersih, tempat wisata dan olah raga. Namun, jika tidak dikendalikan, sumber daya alam air juga dapat menjadi sumber bencana alam yang seringkali meminta korban manusia dan harta benda manusia yang menghuni daerah alirannya.

Related Posts

Sumber daya alam air Indonesia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *