Tradisi sejarah masyarakat Indonesia prasejarah

shares

Tradisi sejarah masyarakat Indonesia prasejarah - Kehidupan masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan disebut juga dengan kehidupan masyarakat Indonesia zaman prasejarah. Zaman prasejarah berlangsung sejak manusia ada sampai manusia mengenal tulisan. Zaman ini merupakan suatu zaman yang sangat panjang dalam sejarah kehidupan manusia.

Manusia yang hidup pada zaman Indonesia prasejarah belum mengenal tulisan. Akibatnya, generasi selanjutnya serta para peneliti tidak mungkin mengharapkan adanya bukti-bukti tertulis mengenai kehidupan mereka. Mereka hanya hanya meninggalkan benda-benda kebudayaan.

Indonesia prasejarah Melalui benda-benda ini para ahli meneliti kehidupan mereka. Para ahli misalnya mencoba mengamati secara seksama benda-benda tersebut dengan cara merekonstruksikannya. Kemudian mereka membuat penafsiran atau perkiraan tentang kehidupan pada masa itu.

Meski demikian, situasi dan kehidupan macam apa yang sesungguhnya terjadi tetap tidak terseingkap secara penuh. Namun, bukan berarti bahwa para ahli tidak memberi sumbangan apa-apa. Bagaimanapun juga, mereka telah berusaha agar hasil penelitian mereka bisa sedekat mungkin menggambarkan kehidupan manusia pada masa prasejarah tersebut. Benda-benda itulah yang merupakan satu-satunya bukti yang bisa diteliti.

Bagan untuk memperoleh gambaran kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan
Bagan untuk memperoleh gambaran kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan
Demikian Tradisi sejarah masyarakat Indonesia prasejarah, semoga menjadi catatan sejarah.

Related Posts

Follow by Email