Apr 25, 2016

Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya

Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya - Benua Asia merupakan salah satu benua paling luas di dunia yang memiliki luas wilayah kurang lebih 44.180.000 km persegi. Berbeda dengan benua lain seperti Amerika, Afrika, dan Australia, benua Asia berbatasan langsung dengan Benua Eropa. Anda bisa melihatnya di peta, di sebelah utara negara Cina termasuk kawan benua Eropa.

Benua Asia memiliki dataran tertinggi yaitu Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yang terkenal di dunia karena selalu diselimuti salju yang disebut Mount Everest, ketinggiannya mencapai kurang lebih 8.884 meter.

Selain memiliki dataran tinggi, Benua Asia juga memiliki dataran rendah, yaitu dataran rendah Siberia, dataran rendah Cina Utara dan Manchuria, dataran rendah Mesopotamia, dan dataran rendah di sepanjang sungai Indocina.

Selengkapnya tentang bentang alam, iklim, keadaan penduduk, dan karakteristik benua Asia silahkan baca di artikel : Tentang Benua Asia. Di sana bisa anda pahami seberapa luasnya benua terbesar di dunia ini.

Daftar negara dan ibukota

Karena luasnya, benua Asia banyak berdiri negara baik yang kecil maupun besar, baik negara maju maupun berkembang. Di benua terluas di tahun 2016 tercatat ada 41 negara. Berikut ini sejarah nasional dan dunia mencantumkan nama-nama negara yang termasuk dalam wilayah benua Asia lengkap dengan nama ibukotanya.

NONEGARAIBU KOTA
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41
Afganistan

Arab Saudi

Armenia

Azerbaijan

Bahrain

Bangladesh

Bhutan

Brunei Darussalam

China

Filipina

India

Indonesia

Irak

Iran

Israel

Jepang

Kamboja

Korea Selatan

Korea Utara

Kuwait

Laos

Lebanon

Maladewa

Malaysia

Mongolia

Myanmar

Nepal

Oman

Pakistan

Qatar

Singapura

Siprus

Sri Lanka

Suriah

Thailand

Timor Leste

Turki

Uni Emirat Arab

Vietnam

Yaman

Yordania
Kabul

Riyadh

Yerevan

Baku

Manama

Dhaka

Thimphu

Bandar Seri Begawan

Beijing

Manila

New Delhi

Jakarta

Bagdad

Teheran

Tel Aviv

Tokyo

Phnom Penh

Seoul

Pyongyang

Kuwait City

Vientiane

Beirut

Male

Kuala Lumpur

Ulanbator

Naypyidaw

Kathmandu

Muskat

Islamabad

Doha

Singapura

Nikosia

Kolombo

Damaskus

Bangkok

Dili

Ankara

Abu Dhabi

Hanoi

Sanaa

Amman

Dari 41 negara di Asia yang disebutkan di atas tentunya masing-masing memiliki catatan sejarah, mengapa negara tersebut terbentuk, kapan berdiri, siapa saja presidennya dan lain-lain untuk melengkapi pengetahuan kita akan kami bahas di lain waktu.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya, semoga menambah wawasan pengetahuan kita tentang berbagai negara yang ada di benua Asia.

Related Posts

Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *