Sekilas tentang Gedung PBB di Jenewa negara Swis

Kota Jenewa di negara Swis identik dengan industri arloji yang tersohor di dunia. Kemasyhuran yang lain adalah sebagai kota internasional dan kota sidang. Disebut demikian karena Gedung PBB berdiri megah di Kota Jenewa, selain yang di Wina-Austria dan New York-Amerika Serikat.

Kompleks Gedung PBB di Jenewa merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal dan menarik. Para pengunjung boleh masuk ke semua tempat, hanya saja masuknya harus antri dan melalui pos pemeriksaan yang ketat di pintu masuk halaman. Di kompleks yang luas dengan rumput menghijau dan pohon-pohon yang rindang juga terdapat patung-patung monumental.

Di dalam gedung banyak dihiasai karya seni yang bernilai tinggi, baik berupa lukisan, grafis, maupun patung. Yang menarik lagi, ada beberapa toko yang menjual berbagai barang cenderamata dari berbagai negara anggota PBB, seperti bendera, kaus, emblem, buku-buku tentang PBB, sticker, bolpoint/pena, kartu pos, bahkan prangko khusus PBB.

Gedung PBB di Jenewa negara Swis
Gedung PBB di Jenewa negara Swis
Foto kenampakan alam pegunungan negara Swis
Foto kenampakan alam pegunungan negara Swis
Di sana juga disediakan kafetaria dengan berbagai jenis menu dan ruang istirahat yang biasa digunakan diplomat melakukan pendekatan di luar sidang. Tentu saja anda juga dapat menikmati makanan sambil beristirahat.

Di bagian lain terdapat ruang sidang dengan peralatan serba elektronik, seperti alat pendengar menurut bahasa negara yang dipilih. Bahasa yang dipilih adalah bahasa resmi PBB.

Di ruang sidang juga disediakan tempat bagi para pengunjung yang ingin mengikuti jalannya sidang. Anda boleh naik ke mimbar yang biasa digunakan tokoh berpidato. Tetapi ini hanya bisa dilakukan jika ada sidang.
Baca juga: Badan-badan khusus PBB

Related Articles:

Sekilas tentang Gedung PBB di Jenewa negara Swis