20 Pebruari peresmian reaktor atom pertama di Indonesia


Sejarah Negara Com, Reaktor penelitian atom yang pertama di Indonesia diresmikan di Bandung pada tangga; 20 Pebruari 1965. Reaktor jenis Triga Mark II yang dikelola oleh ITB ini mulai bekerja dalam taraf percobaan sejak bulan Oktober 1964.

Instalasi ini digunakan untuk penelitian, dan latihan fisika reaktor dan fisika inti serta memproduksi isotop-isotop radioaktif untuk penelitian dan penggunaan di bidang pertanian dan kedokteran.

Pembangunan reaktor ini merupakan tahap yang penting dalam rangkaian kegiatan pengembangan proyek-proyek penelitian atom di Indonesia. Proyek tenaga atom yang pertama di Indonesia terdapat di Universitas Gadjah Mada yang membangun fasilitas-fasilitas penelitian: subcritical assembly, laboratorium isotop, reactor simulator dan gamma irradiator yang telah diresmikan penggunaannya sejak bulan Oktober 1962.

Gedung Reaktor Triga Mark II

Pada saat itu di Pasar Jumat Jakarta dibangun pula sebuah laboratorium isotop untuk mengadakan penyelidikan-penyelidikan mengenai pemanfaatan isotop radioaktif dalam berbagai bidang.

Sementara itu di Serpong, Tangerang mulai dibangun Pusat Penelitian Nuklir dengan menggunakan reaktor IRI-2000 dari Rusia. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 16 Januari 1965 (Proyek ini kemudian tidak dilanjutkan).
20 Pebruari peresmian reaktor atom pertama di Indonesia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *