6 manfaat mempelajari sejarah kebudayaan

6 manfaat mempelajari sejarah kebudayaan - Setiap pengetahuan pasti ada arti dan manfaatnya. Demikian pula mempelajari sejarah kebudayaan. Bahkan mempelajari sejarah kebudayaan penting sekali artinya bagi hidup dan kehidupan manusia, terutama untuk  di masa kini dan pada masa-masa yang akan datang.

Diantara manfaat mempelajari kebudayaan sejarah antara lain sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui kegiatan manusia pada umumnya dalam mengolah alam sekitarnya untuk kepentingan hidup mereka. Dengan demikian dapatlah kita mengetahui sampai di mana atau sejauh mana tingkat kemajuan manusia dalam berpikir dan dalam bidang pengetahuan.

2. Untuk mengetahui mana-mana yang bagi dan bermanfaat dari kehidupan manusia pada masa lalu. Segala yang baik dan bermanfaat dapat digunakan untuk diteladani, sedangkan yang kurang atau tidak baik, merusak harus ditinggalkan.

3. Untuk memperluas pengetahuan dan mempertajam akal dalam membanding dan menimbang kebudayaan-kebudayaan berbagai umat manusia di dunia ini sejak masa lalu, masa sekarang dan untuk masa mendatang.

4. Agar kita dapat menyesuaikan diri (dalam arti yang baik) terhadap sesuatu masyarakat tempat kita berada serta dapat dengan mudah mengajak mereka ke arah yang lebih maju dalam berbagai lapangan kebudayaan.

5. Untuk mengetahui perkembangan kebudayaan dari masa ke masa pada beberapa negara di dunia.

6. Untuk mengetahui sampai di mana persinggungan atau pertemuan antara kebudayaan-kebudayaan yang banyak tersebut dan bagaimana akibat dari pertukaran unsur-unsur kebudayaan tersebut.
Baca juga: Hubungan manusia, masyarakat dan kebudayaan
Itulah 6 manfaat mempelajari sejarah kebudayaan yang dapat kita ambil, semoga menambah wawasan dalam mempelajari sejarah kebudayaan.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar