7 pengertian kebudayaan menurut istilah

7 pengertian kebudayaan menurut istilah - Kebudayaan merupakan bagian kehidupan dari bangsa dan negara, dan bahkan rasanya takkan pernah lepas darinya. Karena dengan budaya khususnya negara Indonesia, melalui budaya kita dapat menyatukan seluruh suku bangsa yang ada di nusantara dengan damai. Dari kebudayaan merupakan cerminan dari suatu bangsa itu sendiri.

Namun, meski kita mengetahui dan seringkali mengucapkan kata kebudayaan terkadang tidak mengetahui arti atau definisinya. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tujuh pengertian kebudayaan. Bila ditinjau dari sudut istilah dan pendapat para ahli bahwa definisi kebudayaan adalah sebagai berikut:

1. Prof. Mr. Sutan Takdir Alisyahbana (ahli bahasa Indonesia) mengemukakan pendapatnya bahwa: Kebudayaan adalah penjelmaan cara berfikir dari sekumpulan manusia pada satu tempat dan satu ruang.
Foto Sutan Takdir Alisyahbana
Sutan Takdir Alisyahbana seorang ahli Bahasa Indonesia
2. Prof. Dr. Kuntjaraningrat (ahli anthropologi Indonesia) berpendapat bahwa: Kebudayaan itu keseluruhan dari kelakuan manusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

3. Dr. Muhammad Hatta mengatakan bahwa: Kebudayaan adalah ciptaan hidup daripada suatu bangsa.

4. Dr. Ir. Soekarno berkata bahwa: Kebudayaan adalah: ciptaan hidup yang timbul daripada manusia.

5. Ki Sarmidi Mangunsarkoro mengatakan bahwa: Yang disebut kebudayaan (cultuur) adalah segala yang merupakan (bersifat) hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

6. Prof. Soenarjo Kolopaking dalam Kongres Kebudayaan Indonesia I di Magelang (Jawa Tengah) memberikan definisi kebudayaan sebagai berikut: Kebudayaan atau cultuur adalah totaliteit daripada miliki dan hasil usaha manusia, yang diciptakan oleh kekuatan-kekuatan jiwanya dan oleh proses saling mempengaruhi antara kekuatan jiwa tadi dan antara jiwa manusia yang satu dan jiwa manusia yang lain.

Drs. Sidi Gazalba mengatakan bahwa: Kebudayaan ialah cara berpikir dan cara merasa, yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dalam satu ruang dan suatu waktu.

Kesimpulan
Sebenarnya banyak sekali definisi kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli dan peminat kebudayaan. A.L. Kroeber dan C. Kluckohn dalam buku mereka "Culture, A Critical review of concepts dan definitions" (tahun 1952) telah berhasil menghimpun 160 definisi kebudayaan itu.

Dari beberapa pendapat yang banyak tersebut, dapat disimpulkan bahwa: "Kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan daripada kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya".

Demikian penjelasan mengenai 7 pengertian kebudayaan menurut istilah. Tetapi, jika dilihat dari arti bahasanya mungkin akan memberikan definisi yang lain, sebagai contoh pengertian kebudayaan menurut bahasa Islam.


Dengan begitu semoga anda lebih memiliki pandangan yang lebih luas dan mendalam dalam memahami definisi atau pengertian kebudayaan

Related Posts

7 pengertian kebudayaan menurut istilah
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *