Sejarah asal mula berdirinya Bank di Indonesia

Tidak bisa disangkal lagi bahwa Bank adalah salah satu tempat penyimpanan uang yang bisa dikatakan paling aman, uang kita dikelola dengan sangat baik dan tim yang profesional menjadikan bank adalah pilihan untuk menyimpan uangnya. Terdapat banyak sekali bank di indonesia, baik bank negeri maupun bank swasta. Jika selama ini anda biasa menabung atau menyimpan uang anda di bank apakah anda tahu sejarah berdirinya bank di indonesia? Mari kita ulas secara singkat asal mula berdirinya Bank di Indonesia.

Asal Mula Kegiatan Perbankan

Sejarah telah mencatat asal mula kegiatan perbankan yaitu ketika zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa, lalu usaha perbankan ini mulai berkembang ke asia barat melalu para pedagang. Lalu untuk perkembangan di Asia, Afrika dan Amerika di bawa oleh bangsa Eropa saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya.

Bila ditelusuri lebih lanjut sejarah perbankan ini dimulai dari jasa penukaran uang sehingga, menurut sejarah perbankan arti bank dikenal meja tempat penukaran uang.

Gambar Logo Bank Indonesia

Sejarah Berdirinya Bank Di Indonesia

Untuk di indonesia tidak lepas dari zaman penjajahan Hindia belanda, ketika itu ada beberapa bank di mana merupakan bank yang dibangun oleh orang Belanda di Indonesia serta menjadi pemegang monopoli pembelian hasil bumi dalam negeri dan juga penjualan ke luar negeri, Bank-bank tersebut adalah sebagai berikut:
  1. De Javasce NV (24 Januari 1828)
  2. De Algemenevolks Crediet Bank
  3. De Post Poar Bank
  4. Nationale Handles Bank (NHB)
  5. Nederland handles maatscappi (NHM) (1918)
  6. De Escompto Bank NV
Selain itu ada juga bank-bank milik orang Indonesia dan orang asing dari Jepang, Tiongkok, Eropa dll. Bank tersebut adalah :
  1. Bank Nasional Indonesia
  2. NV Bank Boemi
  3. Bank Abua nSaudagar
  4. The Chartered Bank Of India
  5. The Matsui Bank
  6. The Bank Of China
  7. The Yokohama Species Bank
  8. Batavia Bank
Ketika zaman kemerdekaan, bisnis perbankan di Indonesia kian hari kian maju dan terus berkembang, sehingga bank milik belanda dinasionalisir oleh pemerintah Indonesia. Ini lah bank bank yang ada di zaman awal kemerdekaan kita dulu :
  1. Bank Negara Indonesia, didirikan 5 Juli 1946 dimana sekarang lebih dikenal BNI46
  2. Bank Surakarta Maskapai Adil Makmur (MAI) berdiri tahun 1945 Di Solo
  3. Bank Rakyat Indonesia, Didirikan 22 februari 1946, bank ini berasal dari syomin ginko atau algemenevolks crediet bank.
  4. Bank Dagang Indonesia (NV), berdiri tahun 1950 di samarinda lalu kemudian merger bersama bank pasifik.
  5. Bank dagang nasional Indonesia didirikan tahun 1946 di medan.
  6. Dan masih banyak bank bank lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah bank di indonesia, dan bisnis perbankan hingga saat ini terus berkembang dan terus bermunculan bank bank baru yang siap bersaing demi menarik minat masyarakat dengan teknik masing masing. Baca juga referensi lain mengenai sejarah bank di artikel: Sejarah Bank di Indonesia dan pengertiannya


Related Posts

Sejarah asal mula berdirinya Bank di Indonesia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *