Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi

Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi - Setelah sebelumnya kita bahas Peta Sumatra, selanjutnya akan sedikit kita ulas mengenai Peta Kalimantan. Sejak dalam pendidikan Sekolah Dasar tentunya sudah tidak asing dengan pulau di Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia tersebut. Kalimantan terletak di sebelah utara laut Jawa, atau bisa dikatakan di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Pulau Kalimantan merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang dimiliki tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Brunei, dan Malaysia, dengan wilayah terluas dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

Jika Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ke-6 di dunia, Kalimantan merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia. Dahulu Kalimantan disebut Warunadwipa dalam bahasa Sansekerta yang artinya Pulau Dewa Laut. Dan secara keseluruhan pulau Kalimantan disebut Borneo.

Pada zaman kolonial, nama Borneo digunakan oleh bangsa Inggris dan Belanda, sedangkan bangsa Indonesia menyebutnya Pulau Kalimantan. Menurut wikipedia, Kalimantan Utara disebut Borneo Utara (Sabah), namun sekarang Kalimantan Utara adalah Kalimantan Timur bagian utara. Dalam arti luas Kalimantan meliputi seluruh pulau Borneo, dan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

4 Peta Kalimantan

Pada peta Kalimantan, tampak pulau tersebut dibagi dalam 5 provinsi. Adapun lima provinsi tersebut dapat anda kunjungi pada masing-masing link di bawah ini:
  1. Provinsi Kalimantan Barat
  2. Provinsi Kalimantan Tengah
  3. Provinsi Kalimantan Selatan
  4. Provinsi Kalimantan Timur
  5. Provinsi Kalimantan Utara
Peta Kalimantan yang kami lampirkan di bawah ini ada 4, yaitu Peta Kalimantan lengkap versi atlas menampilkan peta Kalimantan lengkap dengan nama-nama daerah, Peta Provinsi Kalimantan menampilkan peta dengan nama-nama provinsi beserta batasnya, yaitu: Peta Buta Kalimantan menampilkan peta tanpa nama apapun, dan Peta Kalimantan buta berwana menampilkan peta dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau dan kuning kecoklatan.

1. Peta Kalimantan lengkap

Peta Kalimantan lengkap merupakan peta versi atlas yang lengkap memberikan keterangan nama provinsi, nama kota, nama laut, nama selat dan sebagainya. Selengkapnya lihat Peta Kalimantan di bawah ini:
Gambar Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi

2. Peta Provinsi Kalimantan

Peta Provinsi Kalimantan merupakan peta yang hanya menunjukkan provinsi yang ada di Kalimantan beserta batas-batasnya. Selengkapnya lihat Peta provinsi di Kalimantan di bawah ini:

Gambar Peta Provinsi Kalimantan

3. Peta Buta Kalimantan

Peta Buta Kalimantan di bawah ini menampilkan peta kalimantan yang dibagi dalam batas-batas, namun tanpa disertai nama provinsi atau wilayah terntentu. Selengkapnya silahkan lihat peta Kalimantan buta di bawah ini:

Gambar Peta Buta Kalimantan

4. Peta Kalimantan Buta Berwarna

Peta Kalimantan buta berwana adalah peta Kalimantan yang hanya menampilkan dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau sebagai warna dataran dan warna kuning kecoklatan sebagai daerah pegunungan. Selengkapnya mengenai peta kalimantan buta berwarna dapat anda lihat di bawah ini:
Gambar Peta Kalimantan Buta Berwarna
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi, semoga menjadi tambahan pengetahuan kita sebagai warga negara Republik Indonesia.

Related Posts

Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *