Peta Kota Semarapura Bali

Semarapura merupakan salah satu kota yang berada di Kabupaten Klungkung. Semarapura merupakan daerah sumber seni dan budaya di Bali, sekaligus pusat pemerintahan kabupaten. Menurut sejarah Bali, seni dan budaya Bali lahir dan berpusat di Semarapura, mulai dari seni tari, seni kerawitan, seni ukiran, seni patung, seni arsitektur, seni wayang maupun tata upacara keagamaan.

Kota Semarapura terkenal dengan julukan Kota Serombotan, yang merupakan sebuatan bagi salah satu makanan tradisional khas kota ini. Luas kota Semarapura kurang lebih ± 315 Km², dengan pembagian wilayah: ± 112,16 Km² merupakan daerah yang ada di Pulau Bali, sedangkan ± 202,84 Km² lagi adalah Nusa Ceningan, Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Konon, Semapura merupakan pusat Kerajaan Klungkung. Kota Klungkung pun diubah dan diresmikan namanya menjadi Kota Semarapura pada 28 April 1992 oleh Menteri Dalam Negeri, Rudini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.18 tahun 1992. Selanjutnya, setiap 28 April ditetapkan sebagai Hari Puputan Klungkung dan HUT Kota Semarapura. Hari jadi kota Semarapura bertepatan juga dengan peresmian Monumen Puputan Klungkung.

Peta Kota Semarapura

Jika anda belum pernah mengunjungi Semarapura, mungkin gambar peta Semarapura di bawah ini akan menuntun anda untuk mengelilinginya.

Gambar Peta Semarapura Bali

Tempat Wisata Semarapura

Adapun tempat wisata yang patut kita kunjungi di Semarapura antara lain sebagai berikut:
  1. Taman Gili / Kerthagosa
  2. Monumen Puputan
  3. Nusa Lembongan dan Nusa Penida
  4. Daerah Wisata Kamasan
  5. Desa berwawasan seni dan budaya, Desa Tohpati
Demikian Peta Kota Semarapura Bali, semoga bermanfaat.

Related Posts

Peta Kota Semarapura Bali
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *