Peta Sumatra Lengkap 10 Provinsi

Peta Sumatra Lengkap 10 Provinsi - Pulau Sumatra adalah sebuah pulau di Republik Indonesia bagian barat yang membujur dari utara ke arah tenggara. Sampai saat Sejarah Negara menuliskan ini Sumatra dibagi dalam 10 provinsi, dari paling utara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sampai paling selatan bernama Provinsi Lampung, tak ketinggalan di sebelah timur Lampung yaitu Provinsi Bangka Belitung.

Sumatera atau dalam ejaan KBBI: Sumatra tercatat sebagai pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia. Luas keseluruhan pulau Sumatra kurang lebih 473.481 km², dengan kepadatan penduduk pada sensus tahun 2010 kurang lebih 52.210.926 jiwa.

Nama lain Pulau Sumatra adalah Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa yang dalam bahasa Sanskerta atrinya pulau emas. Prasasti Padang Roco tahun 1286 terpahat swarnnabhumi yang dalam bahasa Sanskerta yang artinya tanah emas, dan bhumi malayu dalam bahasa Sansekerta yang artinya Tanah Melayu. Dalam Kitab Negarakertagama dari abad ke-14 Sumatra juga disebut Bumi Malayu.

3 Peta Sumatra

Seperti pada judul di atas, sampai saat ini Sumatra di bagi dalam 10 provinsi. Adapun peta provinsi yang ada di Pulau Sumatra dapat anda lihat pada masing-masing link sebagai berikut:
  1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  2. Provinsi Sumatra Utara
  3. Provinsi Sumatra Barat
  4. Provinsi Riau
  5. Provinsi Kepulauan Riau
  6. Provinsi Jambi
  7. Provinsi Sumatra Selatan
  8. Provinsi Bengkulu
  9. Provinsi Lampung
  10. Provinsi Bangka Belitung
Agar lebih jelas, di sini kami lampirkan 3 peta Sumatra dalam tiga versi, yaitu peta Sumatra versi lengkap, peta Sumatra pembagian provinsi, dan peta Sumatra buta. Silahkan klik gambarnya untuk mendapatkan ukuran maksimal dari masing-masing peta.

1. Peta Sumatra Atlas

Peta Sumatra versi atlas di bawah ini mencakup keseluruhan Pulau Sumatra, nama provinsi, nama pulau, nama selat nama laut dan sebagainya. 

Gambar Peta Sumatra Lengkap 10 Provinsi

2. Peta Provinsi Sumatra

Peta Provinsi Sumatra yang kami lampirkan berupa peta pulau Sumatra yang hanya menampilkan provinsi yang ada di pulau Andalas ini beserta batas-batasnya.

Gambar Peta Provinsi Sumatra

3. Peta Buta Sumatra

Peta Buta Sumatra yang kami lampirkan di bawah ini merupakan peta pulau Sumatra yang sama sekali tidak menampilkan nama provinsi, pulau, selat, laut dan lain-lain. Maka dari itu kami namakan peta Buta Sumatra. Peta buta ini hanya ditandai warna hijau yang merupakan dataran dan warna kuning kecoklatan yang merupakan daerah pegunungan yang membujur dari ujung pulau Sumatra paling utara sampai ujung Pulau Sumatra paling selatan.

Gambar Peta Buta Sumatra

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Sumatra Lengkap 10 Provinsi, semoga menambah pengetahuan kita mengenai pula Andalas ini.

Related Posts

Peta Sumatra Lengkap 10 Provinsi
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *