Fisiografi Negara Bahrein

Fisiografi Negara Bahrein - Bahrein adalah sebuah negara monarki di Teluk Persia, terdiri dari sebuah pulau besar dan sejumlah pulau kecil. Semua pulau ini terletak di antara Semenanjung Qatar dan Arab Saudi. Negara Bahrein memiliki luas 692 km2 dengan kepadatan penduduk 483.000 pada tahun 1989. Agama yang dianut oleh masyarakat negara Bahrein antara lain: Islam (85%), Kristen (7,3%), lain-lain (7,7%).

Pulau terbesar di Bahrein adalah Pulau Bahrein, yang berukuran 46x18 km. Dan bagian paling tinggi di pulau ini adalah Jabal ad Dhukan, hanya 135 m di atas permukaan air laut. Pulau-pulau lain lebih kecil, di antaranya Al Muharraq, Sitrah, dan Umm Nasan.

Umumnya, wilayah Bahrein diliputi gurun pasir, kecuali pulau-pulau kecil yang hanya terdiri dari batu dan tak berpenghuni. Di dataran bagian selatan dan bagian barat terdapat rawa-rawa berpasir.

Curah hujan di negeri ini sangat bervariasi dan sangat rendah, hanya berkisar dari 36 mm hingga 110 mm pertahun. Hujan turun terutama selama musim dingin. Penguapan sangat tinggi pada musim panas (Mei - Oktober) sebagai akibat tingginya suhu udara (lebih dari 38 derajat Celcius). Kendati demikian, Bahrein kaya akan sumber air bawah tanah, terutama di daerah pantai utara Pulau Bahrein.

Di bawah ini adalah Peta Negara Bahrein Lengkap

Gambar Peta Negara Bahrein Lengkap

Sedangkan bendera Bahrein bisa anda lihat pada artikel sebelumnya di: Bahrain flag

Di Bahrein terdapat ratusan spesies tanaman gurun, tumbuh di bagian-bagian yang kering. Tetapi binatang liar yang bertahan hidup di negara ini hanya terbatas pada jenis binatang gurun seperti gazele, kelinci, dan tikus gurun.


Related Posts

Fisiografi Negara Bahrein
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *