Iklim Benua Asia

Iklim Benua Asia - Asia memiliki iklim berbeda antara Asia Utara, Asia Barat (Asia Timur Tengah), Asia Kecil (Asia Minor), maupun Asia Timur. Dalam pembahasan kali ini pembagian iklim benua Asia semuanya akan dibahas secara detail. Berikut ini pembahasan iklim benua Asia:

Iklim Asia Utara

Asia Utara, khususnya Siberia beriklim kontinental-kutub. Di sini musim dingin berlangsung agak lama, dan musim panas berlangsung amat singkat. Curah hujan terbanyak jatuh di dataran rendah seputar muara Sungai Amur (1.016 mm pertahun), jatuh pada musim panas yang dibawa oleh angin pasat tenggara dari Laut Jepang.

Foto Gurun Gobi di Mongolia
Gurun Gobi di Mongolia, salah satu gurun di Benua Asia yang jarang sekali turun hujan.

Iklim Asia Barat (Asia Timur Tengah)

Asia Barat didominasi iklim tropis/subtropis gurun. Akan tetapi di Iran Utara, pesisir Laut Tengah Suriah, dan Israel, iklim yang dominan adalah iklim mediteran (Laut Tengah), dan curah hujan di ketiga daerah tersebut berkisar antara 508-1.016 mm pertahun, jatuh pada musim dingin.

Iran, Irak Selatan, Afghanistan, sepanjang pantai Yaman, Aden, dan Oman, memperoleh hujan 101-508 mm pertahun, yang dibawa oleh angin muson dari Samudera Hindia pada musim panas. Gurun Arab hanya menerima hujan 20-101 mm pertahun, bahkan daerah yang paling selatan (dekat perbatasan Oman) sama sekali tidak mendapat hujan.

Iklim Asia Kecil (Asia Minor)

Asia Kecil di semenanjung yang berbatasan dengan laut/selat terdapat iklim subtropis mediteran, dan hujan paling banyak jatuh pada bulan JUli (279 mm pertahun); sedangkan wilayah tengah semenanjung beriklim semiarid/stepa, dan daerah ini potensial sebagai daerah pertanian.

Iklim Asia Timur

Sebagian Asia Timur berada di bawah pengaruh iklim subtropis di belahan bumi utara. Daerah pesisir, pulau dan kepulauan, beriklim subtropik-basah, dan banyak dipengaruhi oleh angin muson tenggara dari Samudera Pasifik.

Asia bagian tengah beriklim darat, terutama di sekeliling Gurun Gobi. Hujan paling banyak jatuh pada musim panas (Juli) di Cina bagian selatan, Jepang selatan, Pulau Taiwan, Pulau Hainan, dan Semenanjung Korea (lebih dari 2.032 mm pertahun).

Di pesisir timur sekeliling Laut Kuning, curah hujan berkisar antara 508-1.016 mm pertahun, dan makin ke pedalaman hujan makin sedikit, bahkan di Gurun Gobi dan daerah sekitarnya hanya 2-102 mm pertahun.

Bacajuga:

Demikian Iklim Benua Asia, semoga menambah pengetahuan.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar