Kelompok Ras Penduduk Benua Asia

Penduduk Asia terdiri dari berbagai tipe ras yang telah bercampur-baur mengalami proses asimilasi satu sama lain. Kendati demikian, di wilayah tertentu terdapat ras-ras yang dominan.

Menurut teori tiga ras (Kaukasoid, Mongoloid, dan Negroid), penduduk Asia dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
  • di Asia Timur, termasuk Asia Tenggara dominan ras Mongolid
  • di Asia Selatan bagian utara dominan ras Kaukasoid, sedangkan di bagian selatan dominan ras campuran Kaukasoid-Negroid (Dravida, di India Selatan dan Sri Lanka)
  • di Asia Utara dan Asia Tengah (Asia Rusia) didominasi oleh ras Kaukasoid
  • di Asia Barat atau Timur Tengah bagian utara dominan ras Kaukasoid dan telah terjadi proses asimilasi antara ras Kaukasoid dan ras Negroid, sedangkan di bagian selatan khusunya di Semenanjung Arab dominan ras Negroid.
Gambar Anak keturunan ras India

Menurut pengelompokan dengan sistem geografis, penduduk Benua Asia juga terdiri dari tiga kelompok, yaitu: kelompok ras Asia, ras India, dan ras Eropa. Kelompok ras Asia meliputi bangsa Cina, Jepang, Korea dan kebanyakan bangsa di Asia Tenggara.

Kelompok ras India meliputi bangsa yang menempati sebagian besar anak benua India. Sedangkan kelompok ras Eropa meliputi bangsa Arab, Iran, Yahudi, Turki, dan kebanyakan suku bangsa di India sebelah barat.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar