Sejarah Fisiografi Republik Rakyat Cina

Republik Rakyat Cina atau RRC terletak di Asia Timur dengan ibu kotanya di Peking atau sekarang Beijing. Sebelah utara berbatasan dengan Republik Rakyat Mongolia dan Uni Soviet (Rusia), sebelah barat berbatasan dengan Pakistan dan India, sebelah selatan berbatasan dengan Asia Tenggara, sebelah timur berbatasan dengan Korea, dan Jepang.

Luas wilayah RRC 9.572.000 km2, dengan jumlah penduduk pada tahun 1989 sudah mencapai 1.069.628.000. Dengan kepadatan 112/km2. Agama penduduk Cina: tidak beragama 59,2%,, kepercayaan tradisional Cina 20,1%, ateis 12%, lain-lain 0,1%. Bahasa Cina Mandarin, dan satuan mata uang yang digunakan Yuan (Y).

Pegunungan Qinling yang membujur dari tenggara ke barat laut dan merupakan lanjutan Pegunungan Kunlun membagi Cina menjadi bagian utara dan bagian selatan dan dalam daerah aliran sungai-sungai besar, yaitu: Sungai Huang (Sungai Kuning) yang panjangnya mencapai 4.667 km dan Sungai Yatse yang panjangnya mencapai 5.800 km.

Bagian timur Cina utara (Manchuria) sebagian besar terdiri dari lembah Sungai Songhua yang dikelilingi oleh Pegunungan Xingan Besar, Pegunungan Xiao Hinggan Ling dan Pegunungan Sichote-Alin.

Lembah Sungau Huang yang padat penduduknya hanya terpotong perbukitan di Semenanjung Shangdong. Sungai Huang terkenal karena sering menimbulkan banjir. Bagian barat laut yang berbatasan dengan Mongolia sebagian besar merupakan padang pasir (bagian dari Gurun Ordos dan Gobi).

Debu tanah liat halus (loss) dari Gurun Gobi menutupi daerah tenggara Shansi, Shensi dan Kansu yang juga merupakan tanah loss yang subur. Deretan pegunungan yang merupakan bagian dari Pegunungan Qilian membatasi daerah ini di bagian selatan.

Cina Selatan merupakan yang sangat rumit (komplikasi), dan sebagai bagian utamanya dapat disebut daerah aliran Sungai Yangtse, daerah Pegunungan Cina Selatan, Plato Yunnan dan Plato Kweichow, daerah lembah Szechwan dengan pegunungan tertinggi dan puncak tertinggi Gunung Gongga (7.590 m) di sebelah barat, dengan Sungai Salween, Sungai Mekong, Sungai Yangtse, dan Sungai Yalung.

Di Cina timur banyak terdapat danau, antara lain Danau Poyang (2.800 km2) dan Danau Dongting (4.800 km2). Di Cina barat danau-danau merupakan tempat pengaliran air asin (Danau Lop Nor).

Selanjutnya: Iklim Republik Rakyat Cina

Related Articles:

Sejarah Fisiografi Republik Rakyat Cina