Sejarah Penduduk Benua Asia

Penduduk Benua Asia sangat besar, seluruhnya diperkirakan sekitar 3 milyar, lebih dari 50% penduduk dunia yang pada tahun 1987 mencapai lebih dari 5 milyar. Enam diantara sepuluh negara berpenduduk terbanyak di dunia adalah negara-negara Asia, yaitu: RRC, India, Indonesia, Jepang, Bangladesh, dan Pakistan. Penduduk RRC dan India saja diperkirakan mencakup 37% dari seluruh penduduk dunia.

Kepadatan penduduk Asia mencapai 69 jiwa/km2. Kawasan yang paling padat penduduknya adalah Cina bagian timur, anak benua India, Jepang, dan Pulau Jawa, di kawasan ini terdapat banyak kota yang berpenduduk padat.

Sementara itu banyak daratan yang tidak dapat dihuni manusia, antara lain karena terlampau dingin, terlampau panas, atau karena terdiri dari pegunungan atau lembah. Bagian daratan yang paling banyak dihuni ialah kawasan sekitar sungai, lembah dan daerah pantai.

Gambaran Penduduk India yang miskin
Penduduk India yang masih dalam keadaan di bawah garis kemiskinan.

Di banyak daerah Asia kepadatan penduduk telah menimbulkan masalah dalam hal penyediaan bahan makanan, dan sering mengancam kehidupan manusia. Tahun 1863 negara India kehilangan 1 juta jiwa karena kelaparan, dan bencana serupa terulang lagi pada tahun 1900.

Tahun 1877-1879 di Cina, tercatat juta manusia yang mati kelaparan karena kekurangan pangan, dan pada tahun-tahun berikutnya masalah ini tetap menjadi perhatian, sehubungan dengan pertambahan penduduk dan sempitnya lahan yang dapat diusahakan menjadi sumber makanan. Tahun 1954 sampai tahun 1964 kenaikan produksi beras di Asia tercatat hanya 1,4% pertahun.

Usaha untuk memperbaiki taraf hidup penduduk Asia telah ditempuh, antara lain melalui pembatasan kelahiran. Secara intensif usaha ini dilakukan terutama di Indonesia, RRC dan India.

Baca juga:

Sementara itu diusahakan juga peningkatan produksi pangan, antara lain dengan pemakaian pupuk dan penggunaan bibit unggul berbagai jenis tanaman.

Related Posts

Sejarah Penduduk Benua Asia
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *