Aspek Kepercayaan Peradaban Yunani Kuno

Berbagai upacara keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Yunani terekspresikan secara visual pada bentuk-bentuk pesta olahraga olimpiade, teater atau sandiwara-sandiwara. Disamping itu banyak pula arsitektur dan kesusasteraan Yunani memiliki makna keagamaan yang tinggi. Religi orang Yunani sebagaimana terungkap dalam seni syair, selalu mendorong usaha menyelidiki kodrat benda.

Dalam upacara-upacara religi terdapat pula mengandung  hal-hal yang bersifat misteri. Misteri itu diperkirakan semacam drama atau pertunjukan yang dipergelarkan, yang menggambarkan perkawinan antara zeus dan Demeter sebagai dewi pertanian dan kesuburan. Mengenai masalah kehidupan akhirat, anggapan mereka bermacam-macam dari anggapan orang mati akan menjadi roh halus tidak berwujud sampai gambaran sebuah firdaus diseberang laut barat.

Mereka merasakan kehadiran dewa dimana-mana. Di Athena ternyata diwilayah tersebut masyarakatnya masih melakukan praktik keagamaan yang penuh ketahayulan. Keunikan nilai-nilai religi tidak dibatasi oleh kekuasaan absolut raja atau dewa dan segala perputaran kehidupan didalam Negara.

Orang Yunani percaya bahwa ada dewa-dewi yang bertubuh besar dan tidak dapat mati yang mempunyai keluarga yang saling berebut kekuasaan juga ada hero yaitu setengah dewa yang dapat mati. Menurut warga dewa-dewi tinggal di bukit Olympus di bawah pimpinan Dewa Zeus atau dewa tertinggi. Kuil dewa Zeus di bukit Olympus. Bangunanya disebut altis, yakni tempat pemujaan dewa Zeus.
Gambar Dewa-Dewi Yunani Kuno

9 Dewa-Dewi Yunani Kuno

1. Dewa Zeus yaitu dewa langit atau pemimpin
Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi Dew a Penguasa Lautan, dan Hades yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.

Dari tahtanya di Gunung Olympia, Zeus mengatur dewa dan manusia dan menjaga alam semesta agar tetap tertib dan adil. Dengan senjata petir ditangannya, senjata yang paling ditakuti dibumi dan dikahyangan. Saat Troya genting, dewa-dewa lain memilih pahlawannya diantara prajurit tapi Zeus menolah berpihak.

2. Dewi Hera yaitu dewi pernikahan
Hera dikenal sebagai istri dan saudara dari Zeus. hera adalah dewi pernikahan.Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagung an dan penuh hikmat. Sering ditahtakan dan dimahkotai dengan polos (mahkota berbentuk silinder tinggi), yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi-dewi besar.

Keturunan Hera dengan Zeus antara lain, Ares, Hebe (dewi kaum muda), Eris (dewi perselisihan), dan Eileithyia (dewi kelahiran). Karena Hera cemburu dengan Zeus yang melahirkan anak dengan Athena, maka Hera juga melahirkan anak dengan Hephaestus.

3. Dewa Ares yaitu dewa perang
Ares merupakan dewa perang dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos.

Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya. Dengan nafsu untuk menghancurkan secara bengis dan kejam pada legendanya, merupakan cerminan sifat manusia yang paling buruk.

4. Dewi Artemis yaitu dewi perburuan
Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya. Artemis, Dewi berburu.

Sama liarnya dengan alam itu sendiri. Merupakan dewi suci bagi pemburu dan pelindung kaum muda yang dengan tenang mengatur tempat-tempat bumi y ang liar. Saudari kembar Apollo ini terampil dalam memanah meleb ihi semua dewa di Gunung Olympia.

5. Dewa Hermes yaitu dewa perniagaan
Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebag ai Mercurius.

Hermes adalah dewa yang selalu bergerak. Terompah bersayap dengan tongkat perlindungan ditangannya, ia paling dikenal sebagai utusan Zeus dan pelin dung para pengelana. Sesuai dengan itu, ia juga dewa pencuri dan perniagaan.

6. Dewa Poseidon yaitu dewa laut
Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut Dengan air lebih dari 70 persen menutupi permukaan bu mi adalah wajar apabila ditunjuk seorang dewa yang bertugas mengatur laut dan semua keajaibannya. Poseidon-lah yang bertugas untuk itu. Seperti laut yang temperamental, ia mengatur daerah kekuasa annya jauh dibawah permukaannya.

7. Dewa Apolo yaitu dewa kesenian dan matahari
Apollo adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Ramalan Orakel Delphi menunjukkan bahwa Apollo adalah salah satu dewa terpenting di Olimpus. Apollo, Dewa nubuatan, musik dan penyembuhan, memberikan kebijaksanaan sebagai perantara antara dewa dan manusia.

Dengan kepandaian yang tinggi, bagai anak panah yang lepas dari busurnya, dikisahkan dia adaalah dewa pertama yang mengajar manusia seni pengobatan dan penyembuhan termasuk lewat musik. Ia dianggap membantu manusia mencapai potensi sepenuhnya dengan anugerah pencerahannya.

8. Dewa Athena yaitu dewa keselamatan
Athena, dewi kerajinan tangan, keterampilan rumah tangga dan perang. Sebagai dewi perang ia membanggakan kepandaian dewatanya dan kekuatannya yang luar biasa. Menurut legenda, ia muncul dalam keadaan dewasa lengkap dengan baju baja, sebagai anak Zeus. Dari semua anaknya, Zeus memilih Athena sebagai pembawa tameng dan halilintar.

Musuh yang dhsyat bagi Troya, ia berperang di pihak prajurit Yunani dan dikisahkan ia berduka atas kematian Achilles. Tapi saat Troya jatuh dan Yunani mencemari kuilnya, ia menuntut balas. Dia meminta Poseidon menurunkan badai yang mengacaukan pulangnya kapal-kapal Yunani.

9. Dewi Aprhodite yaitu dewi kecantikan
Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione.

Tetapi legenda ini kurang populer. Legen da kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Ti tan yang dikebiri oleh Cronus. Aphrodite, dewi asmara dan kecantikan. Aphrodite yang sangat menarik, menggoda dewa dan manusia dengan kecantikannya yang menghipnotis.

Artikel Yunani Kuno

Bagi anda yang ingin tahulebih jauh tentang Yunani Kuno silahkan baca pada link-link berikut ini:
Demikian ulasan sejarah Aspek Kepercayaan Peradaban Yunani Kuno, semoga menjadi tambahan catatan sejarah dunia.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 komentar