Awal Sejarah Yahudi 3800 Tahun Yang Lalu

Berdasarkan kajian sejarah dan arkeologi maupun lembaran-lembaran kitab suci, awal sejarah Yahudi erat kaitannya dengan cerita nabi Ibrahim AS kurang lebih 3800 tahun yang lalu. Dalam Al-Quran (QS, 21:69-71) memperlihatkan bahwa nabi Ibrahim AS bermukim di wilayah Palestina yang populer sekarang dengan Al-Khalil (Hebron).

Beliau berada di situ dengan Nabi Luth. Putra nabi Ibrahim ialah Ismail dan Ishak. Selanjutnya anak nabi Ishak ialah Yaakub, akhirnya dari 12 anak nabi Yaakub itulah yang diketahui menjadi 12 suku Israel. Putra bungsu nabi Yaakub AS yaitu Yusuf AS sangat terkenal dalam sejarah, sesudah dimasukkan dalam sumur di padang pasir oleh kakak-kakaknya, kemudian ia jadi kepala bendahara di kerajaan Mesir.

Selanjutnya nabi Yaakub, dan kakak-kakaknya ikut serta dengan nabi Yusuf AS di Mesir dan hidup tenteram di sana hingga pada suatu saat raja Mesir bernama Firaun memperbudak keturunan mereka yang terkenal sebagai bani Israel.

Gambar peninggalan bangsa Yahudi

Karena ganasnya Firaun pada bangsa Israel, maka Allah mengutus nabi Musa AS untuk memimpin bangsa Israel meninggalkan Mesir. Dengan pertolongan Allah, pada tahun 1250 SM, Nabi Musa dan kaumnya keluar dari Mesir.

Kemudian mereka bermukim sepanjang Semenanjung Sinai maupun timur Kanaan. Di tafsirkan dalam Al-Quran, nabi Musa menginstruksikan kepada Bangsa Israel untuk memasuki wilayah Kanaan, (al-Quran, 5:21).

Pada waktunya bangsa Israel dikalahkan oleh bangsa Assyurria dan Babylon, kemudian mereka melarikan diri ke Mesir. Waktu itu raja Persia Kyros tahun 539 SM mengizinkan bangsa Israel kembali, banyak bangsa Yahudi yang tidak kembali, maka dimulailah Diaspora atau penyebaran bangsa Israel ke penjuru dunia.

Pada tahun 63 SM Judah dan Israel menyerah kalah kepada penguasa Romawi yang sebelumnya pada tahun 70 SM berhasil menghentikan pemberontakan Yerusalem dan meluluh-lantakkan biara dan Judah.

Swtelah itu, bangsa Israel hidup dalam pelarian, sampai masa khilafah Othmaniyah baru bangsa Israel dapat menikmati hidup yang tenteram lewat membayar pajak proteksi untuk penguasa Othmaniyah.

Pada akhir abad 19, didukung Jewish Colonization Assocation Baron Hirsch, bangsa Israel asal Eropa Timur bermigrasi menuju Argentina dan membangun masyarakat pertanian di sana. Baru setleah tahun tahun 1881 mereka kembali ke Palestina untuk pertama kalinya.
Baca juga: Sekilas Sejarah Ka'bah di Mekkah
Demikian Awal Sejarah Yahudi 3800 Tahun Yang Lalu, semoga menjadi catatan sejarah Islam.

Related Posts

Awal Sejarah Yahudi 3800 Tahun Yang Lalu
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *