Pengertian Internet Untuk Orang Awam

Pengertian internet biasanya dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang terhubung dan dapat diakses oleh semua orang di dunia ini. Bentuk jaringan tersebut adalah pengiriman data yang tentu saja berdasarkan pada standar jaringan yang sudah diakui secara internasional yaitu IP atau Internet Protocol.

Hubungan yang terjadi dari komputer-komputer tersebut adalah susunan unit-unit yang lebih kecil yang nantinya akan menyusun jaringan yang lebih besar. Sebagai contoh adalah jaringan bisnis, jaringan pendidikan, dan lain sebagainya. Dalam kinerjanya, jaringan-jaringan tersebut akan berfungsi sebagai penyedia informasi yang bentuknya juga cukup bervariasi seperti chat, transfer file secara online, maupun email.

Orang dengan kemampuan intelegensi kurang atau tidak mahir mengoperasikan komputer pasti akan menelengkan kepala membaca pengertian internet seperti diatas. Menyalakan komputer saja masih bingung, apalagi ditambah dengan istilah jaringan yang pasti akan diasosiasikan dengan perangkat menangkap ikan. Bukan meremehkan suatu golongan , namun sesalnya kemajuan teknologi terkadang tidak diimbangi dengan pemerataan tingkat pendidikan.

Akibatnya, tak jarang orang tua tercengang tak percaya saat melihat anaknya bisa berbicara dari seberang pulau hanya lewat piranti kotak kaca sebesar televisi. Itulah keajaiban dunia internet. Dan tentu saja tidak perlu memahami pengertian internet hingga akar-akarnya hanya untuk dapat mengetahui cara mengirim pesan elektronik ke kekasih di seberang lautan.

Mudahnya, dengan internet orang bisa saling bertukar informasi dan berkomunikasi tanpa terhalang masalah geografis. Teman lama yang sudah terpisah puluhan tahun dan hilang kontak tiba-tiba saja ditemukan, sekelompok komunitas fotografi bisa bertukar info dan hasil jepretan tanpa harus bertemu langsung, sepasang kekasih dapat mengobrol tanpa harus bertatap muka, bahkan transaksi jual beli pun bisa terlaksana tanpa ada bangunan toko, dan masih ada banyak lagi adalah keuntungan-keuntungan yang bisa di dapat dari keberadaan internet.

Pengertian internet yang rumit tidak perlu dipikirkan dalam-dalam. Belajar internet sungguh mudah. Hanya perlu seperangkat komputer, yang dewasa ini justru sudah sedikit usang karena orang-orang lebih memilih komputer jinjing yang praktis dan bisa dibawa kemana-kemana (laptop), dan koneksi internet yang dengan mudah di dapat.

Bukan hanya itu, perkembangan teknologi komunikasi yang pesat membuat kita dapat melakukan aktifitas surfing atau browsing, yaitu jalan-jalan di dunia internet, lewat perangkat telepon genggam. Internet dan teknologi telah menerobos batas-batas ekonomi dan golongan. Siapapun, kapanpun, dan dimanapun orang dapat bersentuhan dengan internet. Sejauh ini, hal-hal diatas adalah pandangan mudah dalam memahami internet, sesuai dengan pengertian internet di awal bahasan.


Pengertian Istilah Internet

Ada banyak istilah dalam internet yang harus diketahui untuk memudahkan penggunaan internet. Dari pengertian internet yang sudah disebut diatas, ada istilah asing bernama chat, transfer file, online, email dan tentu saja masih banyak lagi istilah internet lainnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian istilah internet bagi pemula:
  1. Browsing : kita diandaikan seperti dalam perpustakaan sedang mencari sebuah buku dari ratusan rak yang berjajar, tentu saja kita harus paham tentang sistematika peyusunan buku agar buku yang kita cari dapat cepat ditemukan. Hal serupa berlaku jika kita ingin mencari informasi dari internet.
  2. Chat/chatting : jika dalam teknologi komunikasi kita mengenal sms (short message service), di dunia internet ada layanan serupa yang meungkinkan kita untuk bertukar pesan dalam bentuk tulisan.
  3. Download dan Upload : adalah aktifitas memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Sebagai contoh, kita ingin mengambil file lagu yang ada di internet. Proses pengambilan itu disebut download. Sebaliknya, upload jika kita ingin menaruh video/foto kita ke dunia maya
  4. Spam : dapat dikatakan adalah sebuah sampah internet. Pengiriman pesan komersil yang tidak diinginkan oleh penerima pesan.
  5. E-mail : singkatan dari elektronic mail adalah layanan untuk bertukar pesan dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video antar user.
  6. Googling : adalah aktivitas mencari informasi lewat mesin pencari google.
  7. Internet explorer : adalah program komputer yang memungkinkan kita dapat membuka halaman-halaman website.
  8. Modem : adalah alat untuk membantu kita terkoneksi dengan jaringan internet. Biasanya berbentuk praktis sehingga mudah dibawa kemana saja.
  9.  Search engine : adalah sebuah program layaknya mesin pencari yang membantu kita agar dapat dengan mudah menemukan informasi atau data yang kita cari. Search engine terpopuler adalah Yahoo! dan Google.
  10. Virus : seperti virus di dunia nyata yang mematikan, virus dunia maya pun sangat berbahaya. Virus ini adalah sebuah program yang dibuat untuk merusak kinerja program lain.
Walaupun saat pertamakali berkenalan dengan internet dibingungkan oleh pengertian internet, sesungguhnya menggunakan internet tidaklah sesulit menghafal pengertian dari internet seperti yang tertulis sebelumnya. Jangan terkecoh oleh istilah asing yang sulit dimengerti yang disebutkan di pengertian internet.
Sebagai pelengkap baca juga referensi berikut:

Demikian Pengertian Internet Untuk Orang Awam, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Advertisement
Pengertian Internet Untuk Orang Awam