Sejarah Komputer Modern dari Inggris dan Amerika

Awal sejarah perkembangan komputer modern dibuat oleh Charles Babbage (1791-1871), ia seorang ahli matematika berasal dari negara Inggris. Pada tahun 1812 Babbage melihat keselarasan alam antara mesin mekanik dan matematika. Sebuah mesin mekanik mampu melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa melakukan kesalahan. Sedangkan matematika dengan langkah-langkah khusus berulang namun sederhana.

Hal ini mendorong untuk memposisikan mesin mekanik sebagai alat untuk kepentingan mekanik. Untuk menjawab persoalan ini Babbage pertama kali melakukannya pada tahun 1822. Ketika itu Babbage menyodorkan sebuah mesin untuk mengerjakan perhitungan persamaan diferensial. Karena fungisnya itu, mesin tersebut di beri nama Mesin Differensial. Mesin yang menggunakan tenaga uap ini mampu menyimpan program sekaligus dapat melakukan kalkulasi, outputnya pun dapat dicetak secara otomatis.

Setelah Mesin Differensial digunakan selama kurang lebih 10 tahun, secara tak terduga Babbage terinspirasi untuk menciptakan sebuah komputer all-purpose. Maka terciptalah sebuah komputer yang dinamakan Analytical Engine. Dalam penciptaan komputer tersebut, Augusta Ada King seorang pembantu Babbage memiliki andil besar.

Augusta membantu menyempurnakan komputer tersebut dengan dana dari pemerintah Inggris. Ia juga ditugaskan untuk menjelaskan fitur dari Anlytical Engine kepada masyarakat awam. Oleh sebab keakrabpannya dengan Anlytical Engine Augusta mampu menambahkan instruksi pada mesin itu, sehingga ia dikenal sebagai wanita progammer pertama di dunia.

Gambar komputer pertama di dunia

Perkembangan komputer modern di Amerika Serikat

Pada tahun 1889, Hollerith mampu mengaplikasikan kaidah kartu perforasi guna membuat penghitungan misi utamanya adalah bagaimana menciptakan sebuah  teknik yang cepat dalam membuat rekapitulasi untuk sebuah Biro

Misi pertamanya ialah menciptakan teknik yang cepat dalam membuat rekapitulasi untuk Biro Sensus negara Amerika Serikat. Sensus ini mulanya dijalankan pertama kali tahun 1880, dan membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan rekapitulasinya. Biro tersebut memprediksi bahwa ketika penduduk semakin berkembang, nantinya dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan keseluruhan penghitungan sensus tersebut.
\
Tidak hanya Hollerith, sejarah perkembangan komputer modern semakin ramai dengan kehadiran Vannevar Bush (1890-1974). Vannevar Bush mampu menciptakan sebuah mesin yang berguna untuk menghitung persamaan diferensial. Sebuah persamaan diferensial rumit mesin itu mampu menyelesaikannya dengan manis oleh mesin ciptaan Bush.

Sejarah perkembangan komputer modern selanjutnya hadirlah John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Dengan eksperimennya, pada tahun 1903 John V. Atanasoff serta Clifford Berry mampu menciptakan sebuah komputer elektrik. Komputer tersebut hasil pengaplikasian aljabar Boolen pada sebuah sirkuit elektrik.

Eksperiman John V. Atanasoff dan Clifford Berry ini didasari oleh percobaan yang dilakukan Boole (1815-1864). Eksperimen ini berwujud sebuah biner aljabar yang menyatakan bahwa tiap-tiap persamaan matematik bisa dinyatakan menjadi betul atau salah. Melalui sebuah penerapan logika benar salah pada sebuah sirkuit berupa sistem On dan Of, keduanya secara bersamaan mampu menciptakan sebuah komputer elektrik pertama di dunia, yaitu pada tahun 1940.

Demikian Sejarah Komputer Modern dari Inggris dan Amerika, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.
Advertisement
Sejarah Komputer Modern dari Inggris dan Amerika