Sejarah Musik HipHop Berawal Dari Amerika

Tahun 1520 Sedwick Avenue merupakan satu daerah di New York yang dinyatakan menjadi lokasi permulaan lahirnya komunitas HipHop. “Di sinilah kami bermula”, teriak Clive Campbell, orang yang mengikhlaskan lantai satu kediamannya digunakan menjadi markas untuk berkumpul.

“Sejarah musik HipHop berasal dan lahir disini, yang selanjutnya tersebar ke seantero dunia, dari sinilah kami berawal sebab kami tak mempunyai lokasi lain untuk berkumpul, tidak di lokasi lain” katanya. Di samping nama itu, ada juga nama disc jockey Kool Herc yang mengenalkan turntable di waktu itu di suatu pesta tahun 1973.

Di awal performancenya, DJ Kool Herc menyanyikan lagu-lagu James Brown, Jimmy Castor, maupun Babe Rooth. Kool Herc juga lah yang kemudian mengembangkan scratch serta bunyi-bunyian asing yang memunculkan suatu sensasi yang spektakuler di saat itu.

Vokal Musik HipHop Dari Amerika

Musik HipHop terasa tak komplet dengan tidak adanya MC. Ceruk itulah yang dibidik Melle Mel, Master of Ceremony pertama di jagat rap music. Pada mulanya Melle Mel kebingungan apa yang hendak dikatakannya untuk performance pertamanya itu, akan tetapi lantaran dirinya sudah merasa bosan dengan ketentuan-ketentuan pemerintah yang mengikat, akibatnya Melle Mel mengekspresikan perasaan bencinya terhadap pemerintah serta pandangannya mengenai kehidupan melalui bait-bait lagunya.

Berawal dari itu lah musik HipHop didominasi dengan lirik lirik mengenai kehidupan di seputar orang-orang kulit hitam serta teriakan-teriakan maupun protes suara hati mereka untuk pemerintah yang bertindak tak adil. Bait lagu musik Hip Hop terkesan keras serta tegas. Inilah ciri khas musik Hip Hop.

Budaya Hip Hop selaku salah satu kebudayaan diperkuat lagi tahun 1983 oleh Black Spades sebagai anggota Afrika Bambaataa dan The Soulsonic Force melalui lagu yang bertitel “Planet Rock”. Lagu tersebut adalah suatu musik Hip Hop yang memukau sebab mempunyai kombinasi antara hip-hop yang simpel serta musik disco yang diaransemen lewat drum electronic maupun synthesiser.

Di tahun 1985 baru menggunakan teknologi stereo,  LL Cool J, Run DMC, The Fat Boys, Soulsonic Force,  Herbie Hancock, Jazzy Jaz serta Stetsasonic merilis album-album andalan mereka yang menjadi legenda musik Hip Hop sampai sekarang ini.

Related Posts

Sejarah Musik HipHop Berawal Dari Amerika
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *