Oct 25, 2017

Letak Geografis Provinsi Bengkulu

Letak Geografis Provinsi Bengkulu - Jika dilihat dari peta Bengkulu yang kami lampirkan pada artikel ini, terlihat bahwa letak Provinsi Bengkulu terletak pada 101 derajat 01'-103 derajat 46' Bujur Timur dan 2 derajat 16'-2 derajat 16'-5 derajat 31' Lintang Selatan. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatra, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
  • Sebelah utara : Provinsi Sumatra Barat
  • Sebelah timur : Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatra Selatan
  • Sebelah selatan : Provinsi Lampung
  • sebelah barat : Samudra Indonesia
Untuk lebih jelasnya silahkan amati peta Bengkulu di bawah ini:
Gambar Peta Administrasi Provinsi Bengkulu

Apabila dari peta Provinsi Bengkulu di atas masih kurang jelas, silahkan kunjungi artikel : Peta Bengkulu lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Provinsi Bengkulu mempunyai luas wilayah 19.788,70 km persegi atau 1.978.870 hektare (ha). Luas ini meliputi luas darata utama di Pulau Sumatra dan beberapa pulau di perairan BEngkulu (Samudra Indonesia). Wilayah daratan utama memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatra Barat di sebelah utara sampai ke perbatasan Provinsi Lampung di sebelah selatan dengan jarak 567 km

Dari luas tersebut dimanfaatkan untuk kawasan hutan sebesar 476.571 ha (24%), kawasan pelestarian alam  sebesar 444.398 ha (22%), dan sisanya sebesar 1.057.901 ha (53%) digunakan untuk berbagai keperluan, seperti areal pertanian, perkebunan, pemukiman dan industri.

Di wilayah perairan Provinsi Bengkulu terdapat 22 pulau, sepuluh diantaranya telah memiliki nama dan dua belas pulau lainnya belum diberi nama. Pulau-pulau yang sudah bernama antara lain: Pulau Enggano, Pulau Tikus, Pulau Dua, Pulau Satu, Pulau Kita, Pulau Merbau, Pulau Baai, dan Pulau Mega.

Peulau Enggano mempunyai luas 40.000 hektare, Pulau Mega seluas 5 km persegi, dan Pulau Tikus 3 km persegi. Sementara itu, pulau lainnya relatif kecil dan hingga kini belum diketahui dengan jelas luasnya.

Dari 22 pulau yang berada di perairan Bengkulu ini, hanya Pulau Enggano yang berpenghuni. Pulau Enggano merupakan daerah kecamatan yang masuk dalam wilayah kabupaten Bengkulu Utara dan kini berpenghuni kurang lebih 2.500 jiwa.

Secara administratif, wilayah Bengkulu dibagi menjadi daerah kabupaten dan daerah kota. Seiring dengan semangat otonomi daerah, saat ini Provinsi Bengkulu terbagi menjadi 9 daerah kabupaten dan 1 daerah kota yang terbagi atas 110 kecamatan dan 1.355 kelurahan/desa.

Wilayah administrasi yang berbentuk daerah kabupaten yaitu: Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, Mukomuko, Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah. Sedangkan satu wilayah administrasi yang berbentuk daerah kota yaitu Kota Bengkulu.

Tabel Data Wilayah administrasi Provinsi Bengkulu
Di bawah ini adalah tabel wilayah administrasi Provinsi Bengkulu.
Gambar Tabel Data Wilayah administrasi Provinsi Bengkulu

Wilayah Provinsi Bengkulu beriklim tropis dengan curah hujan yang hampir merata sepanjang tahun. Menurut klasifikasi iklim Smith dan Ferguson, wilayah Bengkulu termasuk dalam kategori iklim A sampai A1.

Hal ini ditandai oleh jumlah bulan basah yang cukup tinggi, yaitu: 9-11,9 bulan pertahun. Secara garis besar keadaan iklim di Provinsi Bengkulu adalah sebagai berikut:
  1. Suhu udara berkisar antara 23.4 derajat C - 30,9 derajat C dengan rata-rata 26.5 derajat C.
  2. Kelembapan udara berkisar antara 82% - 89% dengan rata-rata 85%.
  3. Curah hujan rata-rata 265 mm pertahun.
  4. Rata-rata penyinaran matahari 58,6%, tekanan udara 925 mb, dan penguapan 126,8 mm.

Related Posts

Letak Geografis Provinsi Bengkulu
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *