Oct 25, 2017

Letak Geografis Provinsi Sulawesi Selatan

Sekilas tentang Pulau Sulawesi - Sulawesi merupakan pulau keempat terbesar di Indonesia setelah Kalimantan, Papua, dan Sumatra. Pulau yang dicirikan dengan bentuknya yang unik, seperti huruf K. Ada yang mengatakan bentuknya mirip tangkai-tangkai anggrek. Ada pula yang mengatakan bentuknya mirip tentakel-tentakel gurita.

Bentuk Pulau Sulawesi dari sisi geografis sangat menguntungkan. Dengan bentuk seperti itu memungkinkan Sulawesi memiliki sejumlah pelabuhan yang sempurna secara alamiah. Oleh karena itu, sajak zaman kerajaan, daerah ini memiliki pelabuhan (Makassar) yang ramai dan bertaraf internasional.

Pulau Sulawesi terbagi atas enam provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Sulawesi Barat merupakan provinsi termuda yang dibentuk tanggal 5 Oktober 2004 sebagai pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan (Sulsel) terletak diujung selatan Pulau Sulawesi. Ibu kotanya berada di Makassar, sebuah kota yang berada di sebelah barat dan berhadapan dengan Selat Makassar.

Letak Geografis
Sulawesi Selatan terletak di jazirah selatan Pulau Sulawesi. Provinsi yang beribukota di Makassar ini secara administratif, sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Di sebelah barat berbatasan dengan Teluk Bone dan di sebelah selatan dengan Laut Flores.

Pada peta Provinsi Sulawesi Selatan terletak antara 0 derajat 12'-8 derajat Lintang Selatan dan 116 derajat 48'-122 derajat 36' Bujur Timur.

Gambar peta Sulawesi Selatan
Perhatikan peta Sulawesi Selatan di bawah ini:
Gambar Peta Administrasi Sulawesi Selatan

Dari peta Sulsel di atas mungkin ada yang kurang jelas, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Selatan Lengkap 21 Kabupaten 3 Kota

Sulawesi Selatan secara geografis terletak pada posisi yang sangat strategis, karena berada pada persimpangan jalur lalu lintas penumpang, perdagangan barang dan jasa dari kawasan barat Indonesia (KBI) ke kawasan timur Indonesia (KTI). Oleh karena itu, kawasan ini seringkali juga disebut pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia.

Provinsi yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964 ini mempunyai luas kurang lebih 46.717,48  km persegi atau 4.1% dari total wilayah Indonesia.

Sebelumnya, beberapa kabupaten dari Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu: Polewali Mandar, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, dan Majene dikembangkan/dimekarkan menjadi provinsi baru, Provinsi Sulawesi Barat karena ditunjang potensi sumber daya alamnya.

Tabel Pembagian wilayah Administrasi
Di bawah ini adalah Tabel Pembagian wilayah Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan
Gambar Tabel Pembagian wilayah Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan
Keterangan:
*Data diolah dari Permendagri No.6 Tahun 2008 dan UU No. 28 Tahun 2008
*Pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja berdasarkan UU No. 28 Tahun 2008

Secara administratif, Sulawesi Selatan terdiri atas 21 wilayah kabupaten dann 3 kota (Makassar, Palopo, dan Parepare). Kabupaten Luwu Utara mempunyai wilayah paling luas dibandingkan dengan kabupaten/kota yang lain. Luasnya setara dengan 32,45% dari total wilayah Sulawesi Selatan.

Related Posts

Letak Geografis Provinsi Sulawesi Selatan
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *