Oct 31, 2017

Letak Geografis Sumatra Barat

Letak Geografis Sumatra Barat - Sumatra adalah pulau  pulau ketiga terbesar di Indonesia setelah Kalimantan dan Papua. Pulau Sumatra terbagi atas sepuluh provinsi, yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Lampung. Setiap provinsi memiliki keunikan tersendiri.

Apa yang terlintas di benak kita jika kita melihat jam gadang? Pastilah kita akan teringat dengan Provinsi Sumatra Barat. Jamb gadang merupakan salah satu bangunan khas di provinsi ini. Bahkan, nama Sumatra Barat sendiri seakan tenggelam dengan kekhasan yang sudah dimilikinya. Kekhasan arsitektur tradisionalnya pun membuat pesona provinsi ini meroket.

Apalagi kalau bukan rumah gadang. Belum ditambah lagi dengan kuliner yang ditebar oleh provinsi ini, yaitu masakan Padang. Hampir di seluruh pelosok tanah air dapat ditemukan rumah-rumah khas masakan Padang. Provinsi Sumatra Barat juga memiliki Teluk Bayur sebagai pelabuhan yang ikut berperan dalam jalur perairan Indonesia.

Provinsi Sumatra Barat adalah salah satu provinsi yang berada di wilayah tengah Pulau Sumatra. Secara geografis terletak antara 0 derajat LU - 3 derajat LS dan 98 derajat - 101 derajat BT. Wilayahnya dilalui oleh garis khatulistiwa (garis lintang nol derajat), tepatnya berada di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Letak geografis ini membuat daerah ini beriklim tropis dengan suhu udara dan kelembapan yang tinggi.

Wilayah Sumatra Barat meliputi daratan utama di sebelah barat Pulau Sumatra dan beberapa pulau yang termasuk dalam Kepulauan Mentawai, antara lain Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan PUlau Pagai Selatan. Luas wilayah Provinsi Sumatra Barat kurang lebih 42.224,65 km persegi setara dengan 2,17 % dari luas keseluruhan wilayah Negara Republik Indonesia.

Provinsi Sumatra Barat memiliki perbatasan darat dengan empat provinsi. Di sebelah selatan, provinsi ini memiliki garis perbatasan darat yang panjang dengan Provinsi Jambi dan garis perbatasan darat yang pendek dengan Provinsi Bengkulu.

Di sebelah timur, Sumatra Barat memiliki garis perbatasan darat yang panjang dengan Provinsi Riau, di sebelah utara berbatasan dengan Sumatra Utara. Garis pantai terdapat di sisi barat, yaitu berbatasan dengan Samudra Indonesia.

Perhatikan Peta Provinsi Sumatra Barat di bawah ini:

Gambar Peta Provinsi Sumatra Barat

Selengkapnya mengenai peta wilayah ini, silahkan kunjungi: Peta Sumatra Barat lengkap dengan 12 nama kabupaten dan kota

Di Provinsi Sumatra Barat terdapat 12 daerah kabupaten dan tujuh daerah kota. Dua belas daerah kabupaten tersebut sudah termasuk daerah baru hasil pemekaran tahun 2004, yaitu Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Dharmas Raya. Kabupaten Pasaman Barat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok Selatan hasil pemekaran Kabupaten Solok, dan Kabupaten Dharmas Raya merupakan pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Tabel wilayah administrasi Sumatra Barat

Di bawah ini adalah tabel data wilayah administrasi pemerintahan Provinsi Sumatra Barat.

Gambar Tabel wilayah administrasi Sumatra Barat

Baca juga : Sejarah Provinsi Sumatra Barat
Demikian ulasan Letak Geografis Sumatra Barat, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Related Posts

Letak Geografis Sumatra Barat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *