Nov 2, 2017

5 Arti Lambang Sumatra Barat

5 Arti Lambang Sumatra Barat - Provinsi Sumatra Barat mempunyai lambang yang menunjukkan identitas daerahnya. Lambang Sumatra Barat berbentuk perisai persegi lima. Bentuk ini melambangkan bahwa provinsi ini merupakan salah satu provinsi dalam lingkungan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun arti lambang Provinsi Sumatra Barat adalah sebagai berikut:
  1. Rumah gadang/balai adat: adalah tempat bermufakat atau tempat lahirnya filsafat alam fikiran Minangkabau yang masyhur. Hal ini melambangkan semangat demokrasi.
  2. Atap masjid bertingkat tiga dan bergonjong satu: melambangkan salah satu dari bentuk rumah ibadah yang khas menurut arsitektur alam Minangkabau asli. Hal ini menunjukkan agama Islam sebagai salah satu agama yang dipeluk masyarakat Sumatra Barat pada umumnya.
  3. Bintang segi lima: melukiskan nur cahaya yang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  4. Riak gelombang: adalah suatu lambang dinamika dari masyarakat Minangkabau.
  5. "Tuah Sakato": bermakna kesepakatan untuk melaksanakan hasil mufakat rakyat.
Gambar Lambang Sumatra Barat

Lambang Sumatra Barat tersebut juga mengandung arti warna sebagai berikut:
  1. Putih berarti suci
  2. Merah jingga berarti berani
  3. Kuning emas berarti agung
  4. Hitam berarti abadi, tabah, ulet, tahan tapo
  5. Hijau cerah berarti harapan masa depan

Selain lambang, setiap provinsi di Negara Indonesia juga memiliki flora dan fauna yang dijadikan identitas (maskot). Adapun identitas Provinsi Sumatra Barat adalah pohon andalas dan burung kuau besar. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Andalas Sebagai Maskot Flora Sumatra Barat

Provinsi Sumatra Barat memilih pohon andalas sebagai flora pengenal daerah. Hal tersebut dikarenakan jenis tanaman ini khas dan banyak tumbuh di daerah Sumatra Barat. Phon andalas merupakan salah satu jenis tanaman keras.

Gambar Pohon andalas Sumatra Barat

Pohon ini tergolong pohon besar, ketinggiannya dapat mencapai 35 meter dengan diameter 1 meter. Batang tanaman pohon andalas tidak ditumbuhi cabang-cabang, ketebalan kulit batangnya mencapai 15 mm dan berwarna kuning, kuning cokelat, atau merah kuning.

Daun tanaman andalas merupakan daun tunggal dan berbulu pada permukaan atasnya. Daunnya berbentuk bulat telur, dengan pangkal bulat dan ujung meruncing. Bunganya berupa bunga majemuk bulir. Untaian bunganya tumbuh dari ketiak-ketiak daunnya.

Kayu tanaman andalas tahan terhadap serangan hama dan tidak mudah lekang oleh panas atau lapuk oleh hujan. Keistimewaan pohon andalas ini menyebabkan kayu tersebut digunakan untuk bahan baku pembuatan mebel, papan, tiang, sampai bahan bangunan rumah.

Kuau Besar Sebagai Maskot Fauna Sumatra Barat

Burung Kuau besar sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Provinsi Sumatra Barat. Burung ini adalah burung langka. Oleh karena itu, pemerintah Sumatra Barat memilih burung kuau ini sebagai identitas daerah. Hal ini bertujuan agar burung kuau besar dapat dijaga kelestariannya.

Gambar Burung Kuau Sumatra Barat

Burung kuau besar memiliki bentuk dan corak bulu yang indah dan spesifik. Ciri utamanya adalah ukuran tubuhnya yang besar. Berat burung kuau besar dapat mencapai 11,5 kg. Kepala burung kuau biasanya tidak berbulu. Kulit pada bagian kepala dan leher berwarna biru. Pada bagian kepalanya juga terdapat jambul yang terdiri atas bulu-bulu yang lembut. Paruhnya berwarna kuning pucat. Daerah di sekitar lubang hidung berwarna hitam, dan iris matanya berwarna merah.

Burung kuau besar memiliki bulu berwarna dasar coklat dengan corak bulat-bulat kecil berwarna kuning dan hitam. Bulu pada tubuh bagian bawah berwarna  coklat sawo. Bulu ekornya berjumlah 12 helai. Burung jantan memiliki sepasang bulu ekor yang tumbuh di tengah berukuran sangat panjang. Karena ekornya yang panjang, panjang tubuh burung kuau ini dapat mencapai dua meter dari ujung kepala sampai ekor.

Baca juga : Sejarah Provinsi Sumatra Barat

Sayap burung kuau berbentuk bulat dengan bulu-bulu yang panjang dan menarik. Kelemahan burung kuau adalah tidak bisa terbang. Burung Kuau besar memiliki kaki yang cukup panjang, kuat dan berwarna merah. Selain berfungsi sebagai alat gerak, kakinya juga berfungsi sebagai alat untuk mengais dan membalik-balik tanah untuk mencari makanan. Kaki burung kuau tidak mempunyai taji.

Baca juga: Letak Geografis Sumatra Barat

Related Posts

5 Arti Lambang Sumatra Barat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *