Nov 4, 2017

Sekilas tentang Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono dilahirkan di desa Tremas. Pacitan, Jawa Timur, pada tanggal 9 September 1949. Ayahnya adalah Raden Soekotjo yang dikenal sebagai turunan salah seorang pendiri Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo.

Raden Soekotjo juga seorang mmter berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu) dan menjabat Komandan Koramil (Danramil). Ibunya bernama Siti Habibah. putri salah seorang keluarga besar Pondok Pesantren Tremas. Susilo Bambang Yudhoyono merupakan anak satu-satunya keluarga Raden Soekotjo-Siti Habibah.

Foto Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono bersekolah di Sekolah Rakyat Desa Purwosari, Pacitan, SMP Negeri Pacitan, dan SMA Negeri Pacitan (1968). la tercatat selaku murid yang menonjol, baik karena prestasi belajar maupun kegiatan olahraga, seni. dan berorganisasi. Pada tahun 1970 Susilo Bambang Yudhoyono lulus dalam tes penerimaan AKABRI dan dikirim ke Magelang.

Karier militer Susilo Bambang Yudhoyono terus mencuat setelah ia lulus dari AKABRI tahun 1973. Pangkat Brigadir Jenderal disandangnya ketika ia berumur 46 tahun. Setahun kemudian ia diangkat menjadi Panglima Kodam Sriwijaya dan menempatkannya selaku Pangdam termuda di seluruh Indonesia. Ia juga menyelesaikan pendidikan akademisnya di Management Webster University. Missouri, Amerika Serikat, dengan gelar Master of Art (MA).

Berbagai jabatan penting pemah disandang Susilo Bambang Yudhoyono. di antaranya:
  1. Asisten Sosial Politik (Assospol) Kepala Staf Sosial Politik ABRI, merangkap juru bicara Fraksi ABRI.
  2. Menteri Pertambangan dan Energi pada Kabinet Persatuan Nasional (1999-2001).
  3. Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan (Menkopolsoskam) pada Kabinet Hasil Reshuffle 26 Agustus 2000.
  4. Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolkam) pada Kabinet Gotong Royong (2001 - 2004).


Bagaimana jalan pemerintahan SBY tersebut? Selengkapnya silahkan baca : Masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono terpilih menjadi presiden Republik Indonesia ke-6 setelah melalui pemilihan langsung oleh rakyat yang sangat demokratis. Berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla. Kemudian pada pemilihan umum 2009, Susilo Bambang Yudoyono menjabat kembali sebagai presiden RI berpasangan dengan wakil presiden Prof. DR. Boediono.

Related Posts

Sekilas tentang Susilo Bambang Yudhoyono
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *