Sejarah Negara

Website History

Menu

3 ciri utama sejarah

November 30, 2015 | Catatan

3 ciri utama sejarah – Sejarah merupakan cabang ilomu pengetahuan yang berkembang dengan metode-metode serta standar-standar tertentu. Mempelajari ilmu sejarah merupakan suatu jenis berfikir secara historis.

Cara berpikir sejarah berbeda dentgan cara berpikir ilmu pengetahuan alam. Alasannya, cara berpikir sejarah akan selalu berkaitan dengan masa lampau, sedangkan ilmu pengetahuan alam akan berkaitan dengan sekarang.

Perhatian sejarah terfokus pada pengalaman dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh manusia, serta peritiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam lingkup manusia. Sebagai suatu studi, sejarah meneliti sepanjang kehidupan manusia, yaitu sejak manusia pertama kali muncul di bumi ini hingga sekarang.

Ciri-ciri sejarah

Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peritiwa yang abadi unik dan penting.

1. Peritiwa yang abadi

Peristiwa sejarah merupakan suatu peritiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

2. Peritiwa yang unik

Peristiwa sejarah merupakan pristiwa yang unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis untuk kedua kalinya.

Peristiwa yang penting

Peristiwa sejarah merupakan speristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.

Bagan ciri utama sejarah

Bagan ciri utama sejarah

Demikian penjelasan mengenai 3 ciri utama sejarah, semoga menjadi catatan bagi anda pecinta sejarah.

Sumber : I Wayang Badrika, KTSP 2006, Sejarah Untuk SMA Kelas X

tags:

Related For 3 ciri utama sejarah