Sejarah Negara

Website History

Menu

3 faktor pendorong investor asing di Indonesia

Oktober 30, 2014 | Modern

3 faktor pendorong investor asing di Indonesia – Mengapa banyak perusahaan menanamkan modalnya di Indonesia? Terdapat beberapa faktor pendorong bagi perusahaan asing untuk berinvestasi di Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ketersediaan faktor produksi

Dalam proses produksi dikenal adanya faktor produksi. Ada 4 faktor produksi, yaitu alam, tenaga kerja, modal, dan pengusaha. Dari keempat faktor produksi tersebut, negara kita memiliki 2 faktor yang melimpah, yaitu alam dan tenaga kerja.

a. Faktor alam

Alam Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan yang ada di atas permukaan maupun di dalam bumi. Kekayaan alam menjadi bahan baku produksi. Faktor inilah yang menjadi salah satu daya tarik investor asing.

b. Tenaga kerja

Daya tarik investor yang lain adalah jumlah penduduk yang melimpah. Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Dengan demikian, negara kita menyediakan tenaga kerja yang banyak jumlahnya.

Jumlah penduduk yang melimpah juga memudahkan produsen menjual barang. Banyaknya penduduk memudahkan investor untuk menciptakan pasar di dalam negeri.

2. Wilayah yang luas dan strategis

Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Terdapat ribuan pulau di Indonesia. Luasnya wilayah memberikan keuntungan bagi investor asing untuk mengembangkan berbagai jenis usaha. Wilayah yang luas juga menyediakan areal yang luas untuk mendirikan pabrik sebagai tempat produksi.

Setiap investor dapat menciptakan usaha sesuai dengan ketersediaan tenaga kerja, sumber daya alam, dan keadaan wilayah.

Dengan adanya jaminan tenaga kerja, sumber daya alam, dan wilayah berarti Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai tempat pengembangan usaha.

Letak yang strategis memudahkan aktivitas ekonomi yang dilakukan. Perjalanan bahan baku ke tempat produksi dan hasil produksi ke konsumen menjadi lebih mudah karena letak yang strategis. Sarana transportasi pun dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Demikian pula dengan jaringan distribusi. Investor dapat memilihnya sesuai dengan karakteristik produk.

3. Jaminan keamanan dan kemudahan izin usaha

Faktor lain penanaman modal di Indonesia adalah adanya jaminan keamanan dan kemudahan izin usaha. sebaik dan sesetrategis suatu wilayah jika tidak didukung dengan keamanan yang baik dapat menghambat usaha menarik investor asing.

Kemudahan perizinan yang diperlukan sebagai daya tarik bagi investor. Izin yang berbelit-belit dan mahal tidak disukai investor asing. Namun, perizinan yang terlalu mudah juga dapat membahayakan kepentingan nasional. Untuk itulah perlu disediakan aturan perundang-undangan yang dapat menciptakan penanaman modal asing yang dapat mendatangkan keuntungan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Related For 3 faktor pendorong investor asing di Indonesia

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori