Sejarah Negara

Website History

Menu

3 tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang patut kita catat jasanya

Februari 26, 2015 | Nasional

3 tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang patut kita catat jasanya – Setelah kita membahas secara sekilas tokoh-tokoh pejuang era kemerdekaan Republik Indonesia, untuk kali ini akan sedikit kita ulas 3 nama tokoh pada era yang sama. yaitu Sukarni, Laksamana Tadashi Meida, dan Mr. Ahmad Subarjo. Ketiga nama tersebut tidak pernah terlepas dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka merebut kemerdekaannya. Nama-nama beliau telah tertulis di benak kita semua.

Dengan mengingat perjuangan dari beliau-beliau di masa masyarakat Indonesia dijajah bangsa Barat, paling tidak kita tahu betapa sengsaranya mereka zaman dahulu. Mampukah kita yang telah hidup serba enak di zaman ini meneruskan perjuangan mereka?

Berikut sekilas tentang 3 tokoh tersebut :

1. Sukarni

Sukarni

Sukarni salah seorang tokoh pemuda yang berjuang gigih melawan penjajah. Peranan Sukarni dalam mempersiapkan kemerdekaan adalah mendesak Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Ia bersama tokoh pemuda lain membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok. Sukarni juga mengusulkan Bung Karno dan Bung Hatta yang menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia.

Selengkapnya bisa di baca pada artikel sejarah : Peristiwa penculikan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok dan Persiapan sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia

2. Laksamana Tadashi Meida

Laksamana Tadashi MeidaLaksamana Tadashi Meida adalah seorang tentara Angkatan Laut Jepang. Ia melanggar perintah Sekutu yang melarang para pemimpin Indonesia mempersiapkan kemerdekaan Indonesia sendiri. Ia ditangkap Sekutu dan ditahan selama 1 tahun karena dianggap membantu perjuangan bangsa Indonesia. Setelah dibebaskan ia kembali ke Jepang pada tahun 1947.

3. Mr. Ahmad Subarjo

Mr. Ahmad Subarjo

Ahmad Subarjo lahir di Teluk Jambe dekat Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1896. Beliau meninggal dunia di Jakarta pada bulan Desember 1978.

Ahmad Subarjo mengawali pendidikannya di ELS, Jakarta. ELS adalah sekolah dasar zaman Belanda, Kemudian ia melanjutkan pendidikannuya ke HBS (sekolah lanjutan zaman Belanda), Jakarta. Kemudian melanjutkan lagi ke sekolah jurusan hukum di Belanda dan lulus pada tahun 1933.

Pada masa peristiwa Rengasdengklok, Mr. Ahmad Subarjo berperan dalam melakukan perundingan dengan tokoh pemuda yang membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok. Ia berhasil meyakinkan para tokoh pemuda bahwa proklamasi kemerdekaan akan dilakukan secepatnya dengan syarat Bung Karno dan Bung Hatta kembali ke Jakarta.

Mr. Ahmad Subarjo adalah kepala Biro Riset Angkatan Laut Jepang yang dipimpin oleh Laksamana Tadashi Meida. Karena kedekatannya dengan Mr. Ahmad Subarjo maka rumah Laksamana Tadashi Meida dapat digunakan untuk menyusun teks proklamasi, sehingga luput dari perhatian pasukan Jepang yang ada di Jakarta. Itulah mengapa sebabnya mengapa Laksamana Tadashi Meida seorang Jepang berjasa terhadap kemerdekaan Indonesia.

Demikian 3 tokoh pejuang masa kemerdekaan yang memiliki peranan penting dalam rangka memerdekakan Republik Indonesia tercinta.

Related For 3 tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang patut kita catat jasanya