Sejarah Negara

Website History

Menu

4 pengertian globalisasi dan perkembangannya

Oktober 30, 2014 | Modern

4 pengertian globalisasi dan perkembangannya – Globalisasi berasal dari kata global yang berarti umum, menyeluruh atau mendunia. Secara harfiah, globalisasi dapat diartikan sebagai berikut :

1. Suatu proses di mana setiap orang mampu mengetahui dan mengikuti perkembangan dunia melalui kemajuan teknologi dan informasi.

2. Suatu proses masuk ke ruang lingkup dunia.

3. Suatu keadaan di mana dunia tidak dapat dipisahkan oleh batasan ruang dan waktu.

4. Suatu proses di mana seluruh negara dan penduduk dunia dapat mengetahui perkembangan dunia tanpa mengenal batas-batas geografis suatu negara.

Pada awalnya, globalisasi merupakan hubungan lintas benua dalam hal perpindahan penduduk maupun perdagangan. Namun, dalam perkembangannya globalisasi diartikan sebagai proses mendunia tanpa batas.

Dalam hal ini berarti pengertian globalisasi tidak lagi hanya sekedar perpindahan manusia dan barang. Globalisasi dapat terjadi dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Karena itulah di masa sekarang globalisasi telah menyebabkan terjadinya ketergantungan antarnegara di seluruh bidang kehidupan.

Kemajuan bidang komunikasi dan transportasi ditunjukkan dengan banyaknya sarana yang ada di sekitar kita. Untuk sarana komunikasi, perkembangan peralatan dimulai dari telepon, pager, hingga telepon seluler. Didalam perkembangannya, telepon seluler atau yang dikenal dengan hp (handphone) disertai dengan fitur-fitur penunjang, seperti kamera, radio, mp3/mp4, televisi, hingga jaringan internet.

Adapun kemajuan di bidang transportasi diketahui dengan adanya sarana penerbangan dan pelayaran yang makin maju. Industri pesawat terbang terus berkembang. Kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas utama pengembangan yang dilakukan industri penerbangan.

Baca juga :

Transportasi udara menjadi sarana paling efektif untuk digunakan melintas batas negara. Kecepatan transportasi udara tidak tertandingi oleh alat transportasi lainnya.

Related For 4 pengertian globalisasi dan perkembangannya