Sejarah Negara

Website History

Menu

5 dampak negatif Penanaman Modal Asing di Indonesia

Oktober 30, 2014 | Modern

5 dampak negatif Penanaman Modal Asing di Indonesia – Selain membawa dampak positif seperti yang telah dibahas di artikel Dampak positif Penanaman Modal Asing di Indonesia, penanaman modal asing juga dapat mendatangkan dampak negatif. Untuk itulah perlu dilakukan berbagai bentuk pengawasan dan aturan perundang-undangan yang dapat menjamin ketatalaksanaan penanaman modal asing.

Adapun dampak negatif penanaman modal asing di Indonesi adalah sebagai berikut :

1. Terbengkalainya sektor pertanian

Penanaman modal asing banyak dilakukan di sektor industri. Hal ini berarti banyak tenaga kerja yang tersedot ke dalam sektor tersebut. Keberadaan industri yang lebih menjanjikan secara pendapatan, mendorong banyak tenaga kerja beralih ke sektor industri. Akibatnya, kegiatan di sektor-sektor penunjang industri menjadi terbengkalai. Akhirnya sektor-sektor non-industri mengalami kekurangan tenaga kerja.

2. Kerusakan lingkungan

Salah satu komponen yang akan muncul dalam kegiatan industri adalah pencemaran lingkungan. Pencemaran ini dapat berupa limbah maupun pencemaran udara. Makin banyak perusahaan asing di Indonesia, makin meningkatkan produksi limbah. Limbah yang tidak dikelola dengan baik akan merusak lingkungan.

Misalnya terjadinya polusi udara, pencemaran tanah, dan pencemaran sungai. Pencemaran pada lingkungan bisa mengganggu kesehatan manusia, serta kehidupan hewan dan tumbuhan. Mak dari itu perlu ditegakkan aturan yang jelas mengenai pengelolaan limbah industri.

3. Berkurangnya lahan produktif

Dampak negatif lain dari berkembangnya perusahaan asing di Indonesia adalah berkurangnya lahan produktif. Areal yang dapat digunakan sebagai lahan produktif seperti untuk usaha pertanian akan habis karena dimanfaatkan untuk mendirikan pabrik.

Hal ini berkaitan dengan berkurangnya tenaga kerja di bidang pertanian. Makin banyak tenaga kerja yang tersedot di sektor industri, menyebabkan berkurangnya tenaga kerja pertanian. Pada saat tidak ada lagi tenaga kerja di bidang pertanian, maka pemilik lahan lebih memilih mengalokasikan lahan untuk kepentingan industri.

4. Eksplorasi sumber daya alam secara berlebihan

Beberapa perusahaan asing melakukan eksplorasi sumber daya alam secara berlebihan. Akibatnya sumber daya alam di Indonesia habis atau rusak.

5. Hasil usaha lebih banyak dibawa ke negara asalnya

Dalam beberapa penanaman modal asing memberikan keuntungan yang lebih besar kepada penanam modal. Hasil usaha penanaman modal asing banyak yang dibawa ke negara investor. Untuk itulah pemerintah perlu mempertimbangkan faktor keuntungan dan kerugian secara cermat.

Itulah 5 dampak positif penanaman modal asing di Indonesia, dengan demikian memang butuh pemikiran agar penanaman modal asing lebih seimbang dengan efek yang ditimbulkannya.

Related For 5 dampak negatif Penanaman Modal Asing di Indonesia