Sejarah Negara

Website History

Menu

5 hari besar Islam dan sejarahnya

Maret 17, 2014 | Catatan

5 hari besar Islam dan sejarahnya – Hari raya atau hari besar agama Islam ada 5, yang masing-masing memiliki latar belakang sejarah mengapa hari tersebut diperingati oleh umatnya. Berikut kelima hari besar atau hari raya umat Islam yang diperingati :

1. Hari Maulud Nabi

Hari raya ini merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hari kelahiran ini dirayakan pada tiap-tiap tanggal 12 Rabiulawal (Tahun Gajah), yang dikenal dengan hari Mauludan.

2. Isra’ Mi’raj

Mi’raj artinya naik ke langit sampai Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT. Hari raya ini diperingati pada tiap-tiap tanggal 27 Rajab. Peringatan ini merupakan peringatan perjalanan Nabi Muhammad SAW pada waktu malam. Perjalanan ini dilakukan karena Nabi menerima panggilan dari Allah untuk menerima perintah Shalat.

Dalam sejarah, malam itu Nabi Muhammad mengadakan perjalanan dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjidil Aqsha, yang terletak di Palestina. Perjalanan tersebut di sebut Isra’. Maka dari itu, peringatan ini disebut Isra’ Mi’raj.

3. Idul Fitri

Hari raya ini dirayakan pada tiap-tiap tanggal 1 Syawal. Kata Idul berasal dari kata Arab idul’ yang berarti kembali. Sedangkan Fitri berasal dari kata fitrah, yang berarti bersih atau suci. Jadi, idul fitri berarti kembali bersih atau suci setelah mengadakan ibadah puasa selama satu bulan.

Pada peringatan Idul Fitri, para pemeluk agama Islam melakukan shalat Idul Fitri dan saling memaafkan kesalahan. Dengan merelakan, orang akhirnya akan kembali menjadi suci dan bersih. Pada hari itu umat Islam saling mengunjungi untuk saling minta maaf.

4. Idul Adha

Hari raya ini diperingati pada tiap-tiap tanggal 10 Zulhijah. Hari raya Idul Adha juga disebut Idul Kurban. Hari raya ini merupakan peringatan penyembelihan atau pengurbanan putra Ibrahim yang bernama Ismail. Akan tetapi, kurban manusia itu diganti dengan binatang, yaitu domba (biri-biri).

Sekarang pada hari raya ini umat Islam melakukan shalat Idul Adha dan menyembelih binatang kurban, seperti onta, sapi, kerbau, dan kambing. Daging binatang itu kemudian dibagikan kepada fakir miskin.

5. Nuzulul Quran

Peringatan ini dilakukan sebagai peringatan turunnya kitab suci Al-Quran, yang diadakan pada tiap tanggal 17 Ramadhan.

Itulah lima hari besar atau hari raya umat Islam. Di samping peringatan hari-hari raya di atas masih ada lagi peringatan hari raya lain, yaitu peringatan tahun Hijrah atau tahun pertama. Peringatan ini jatuh pada tanggal 1 Muharam. Ini merupakan peringatan terhadap hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah atas perintah Tuhan.

Peringatan ini oleh orang Jawa di sebut malam satu Sura. Dan tiap menyambut hari tersebut orang-orang Jawa melakukan perjalanan dalam waktu semalam ke mana yang mereka inginkan tanpa tidur.

Seperti telah kita ketahui bahwa Agama Islam berasal dari negara Arab, mungkin anda ingin tahu bagaimana Islam masuk ke Indonesia?

Silahkan baca artikel sejarah Proses masuknya Islam ke Indonesia

Baca juga :

Related For 5 hari besar Islam dan sejarahnya