Sejarah Negara

Website History

Menu

6 badan kerja sama ekonomi Internasional

November 1, 2014 | Pbb

6 badan kerja sama ekonomi Internasional – Jika sebelumnya telah dibahas kerja sama ekonomi regional pada artikel 6 lembaga kerja sama ekonomi regional di dunia, kini Sejarah Negara akan sedikit mengulas tentang badan kerja sama ekonomi internasional dalam hubungan internasional. Lembaga kerja sama ekonomi internasional adalah lembaga yang melibatkan negara-negara di seluruh dunia. Beberapa lembaga kerja sama ekonomi yang pernah ada tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Consultative Group on Indonesia (CGI)

6 badan kerja sama ekonomi Internasional – Keberadaan CGI berakhir pada tahun 2007. CGI merupakan lembaga pemberi bantuan dana pembangunan bagi Indonesia. Lembaga ini dibentuk tahun 1992 untuk menggantikan Inter Governmental Group on Indonesia atau yang di singkat CGI.

CGI diketuai oleh Bank Dunia dengan anggotanya terdiri dari Jepang, Amerika Serikat, Australia, Belgia, Italia, Jerman, Inggris, Kanada dan Prancis.

2. World Trade Organization (WTO)

Tujuan World Trade Organization atau yang disingkat WTO adalah menciptakan kelancaran dalam perdagangan Internasional. WTO dibentuk sebagai pengganti General Agreement Trade and Tariff (GATT). Lembaga ini terbentuk pada tanggal 15 April 1995 di Marakesh, Maroko.

3. Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC)

OPEC didirikan pada tanggal 14 November 1960. Tujuan OPEC adalah mengadakan pengaturan produksi dan distribusi di antara negara-negara anggota agar terjadi kestabilan harga minyak dunia.

4. Islamic Development Bank (IDB)

Tujuan utama IDB adalah membantu dan menggalakkan bidang pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara Islam. Cara yang dilakukan yaitu dengan memberikan bantuan pinjaman dengan syarat ringan kepada negara-negara anggota dan masyarakat Islam. IDB ini didirikan pada tanggal 23 April 1975.

5. International Monetary Fund (IMF)

IMF dibentuk saat penyelenggaraan konferensi internasional di Bretton Woods. New Hampshire tahun 1944. Pembentukan tersebut atas usulan Lord Keynes dan Harry White.

Tujuan utama pembentukan IMF adalah menyediakan dana untuk membayar kredit luar negeri dan menjaga kestabilan kurs. Untuk melaksanakan tujuannya, IMF mulai melakukan kegiatannya pada 1 Maret 1947. Saat ini IMF beranggotakan 44 negara. Kantor pusat IMF di Washington DC, Amerika Serikat.

6. International Bank of Reconstruction and Development (IBRD)

IBRD atau Bank Dunia didirikan pada tanggal 27 Desember 1945. Pusat kegiatannya berada di Washington DC, Amerika Serikat. Tujuan IBRD adalah membantu pembangunan negara-negara setelah Perang Dunia II. Dalam perkembangannya, IBRD juga membantu kemajuan sosial ekonomi negara berkembang.

Demikian ulasan 6 badan kerja sama ekonomi Internasional, semoga menjadi catatan sejarah.

Related For 6 badan kerja sama ekonomi Internasional