Sejarah Negara

Website History

Menu

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

Mei 9, 2015 | Geografi

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia – Bagian permukaan bumi yang merupakan sebuah ledok atau cekungan atau lembah (basin) yang cukup, digenangi air, tawar maupun asin dinamakan danau. Di beberapa daerah dinamakan juga situ, tasik, ranu, atau telaga. Berdasarkan cara terbentuknya danau dapat dibagi menjadi 6, selengkapnya sebagai berikut :

1. Danau bendungan

Yaitu danau yang terbentuk karena aliran air atau sungai terbendung secara alami atau sengaja dibendung oleh manusia. Karena aliran dari letusan Gunung Tangkubanperahu pada masa lalu terbentuklah Danau Bandung, yang kini telah kering lagi.

Demikian juga terbentuknya Danau Tondano dan Danau Lauttawar. Oleh manusia beberapa danau dibuat dengan membendung sungai, seperti ; Danau Jatiluhur, Saguling, Sempor, Karangkates dan Selorejo.

2. Dana vulkanik

Yaitu danau yang terdapat pada lubang kepundan, karena lubang kepundan itu tertutup sumbat lava dan dasar ledoknya itu kedap air. Gunung-gunung yang berdanau kepundan, antara lain : Gunung Kelud, Gunung Kalimutu dan beberapa mar di Gunung Lamongan.

3. Danau tektonik

Yaitu danau yang terjadi karena peristiwa tektonisme, misalnya sebuah Graben di daerah patahan yang digenangi air menjadi danau, contohnya Danau Lauttawar, Danau Di atas, Danau Di bawah, Danau Poso, Tempe, dan Towuti. Danau-danau besar di Afrika Tenggara juga termasuk danau tektonik.

4. Danau tektonovulkanik

Yaitu danau vulkanik yang terjadinya bukan hanya karena letusan gunung itu, tetapi karena letusan itu terjadi pemerosotan bagian dari tubuh gunung api itu sehingga terbentuk ledok patahan di puncak gunung tersebut. Danau Toba dan Danau Ranau termasuk jenis ini.

5. Danau karst atau danau daerah kapur

Yaitu danau yang terdapat di daerah kapur, di antara bukit-bukit kapur yang terbentuk kubah. Tempat air meresap di daerah kapur, yang menyerupai corong (dolina) lama-kelamaan menjadi besar dan karena endapan tanah merah (terra rosa) yang tebal di tempat itu, air tidak meresap lagi, tergenanglah air.

Demikianlah danau karst terbentuk. Di gunung Kidul banyak ditemukan danau semacam ini yang biasanya berukuran kecil.

6. Danau glasial

Yaitu danau yang terjadi karena erosi oleh gletsyer. Danau seperti ini tidak terdapat di Indonesia. Di perbatasan antara USA dengan Canada terdapat danau jenis ini, yaitu Danau Superior, Michigan, Ontario dan sebagainya.

Danau merupakan reservoir air yang sangat potensial. Di danau perikanan dapat dikembangkan. Danau-danau besar di Sulawesi Selatan merupakan tempat pengembangan bibit ikan yang didatangkan dari luar negeri. Yang pernah dikembangkan di sana ikan-ikan dari Mesir dan Thailand, ternyata hasilnya baik sekali.

Danau juga merupakan tempat menampung air yang dapat dipergunakan untuk pengairan sawah petani, lebih-lebih danau yang sengaja dibuat untuk keperluan itu seperti Pamarayan (Cisadane), Jatiluhur (Citarum), Gajahmungkur (Wonogiri) dan Riamkanan.

Danau yang dibuat untuk tenaga listrik dewasa ini telah banyak dibangun di Indonesia, seperti yang diresmikan Presiden Jokowi bernama Bendungan Keuruto terletak di Kabupaten Aceh Utara. Bendungan ini merupakan bendungan terbesar yang dibangun tahun 2015 ini.

Danau Toba merupakan reservoir air untuk pembangkit listrik Asahan. Danau-danau juga merupakan daya tarik bagi para wisatawan. Di beberapa tempat orang menggunakan danau sebagai sumber air untuk minum, mandi, mencuci segala barang.

Mengingat pentingnya kedudukan danau bagi kehidupan manusia, tentu saja kita harus memperlakukan danau seperti juga kita memperlakukan daerah aliran sungai dengan melestarikan daerah sekitarnya.

Daerah yang merupakan sumber air bagi danau maupun hulu dan aliran sungai sebaiknya merupakan daerah hutan yang terjaga, jangan sembarang orang dapat merusak tumbuh-tumbuhan di hutan tersebut. Daerah pemukiman di sekitar danau dan di sepanjang sungai hendaknya mempunyai rasa memiliki alam, sehingga tidak membuang barang yang dapat merusak kebersihan danau dan sungai itu. Dihindarkan membuang limbah yang dapat mencemarkan danau dan sungai.

6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

10 Danau terluas di Indonesia

Di Indonesia ini tercatat 10 danau terluas, yaitu sebagai berikut :

  1. Danau Toba di Sumatra Utara : 107.215 ha (danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara)
  2. Danau Towuti di Kec. Towuti, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan : 59.840 ha
  3. Danau Poso, Kab. Poso, Sulawesi Tengah : 34.280 ha
  4. Danau Sentani di Papua : 34.375 ha
  5. Danau Matano, di Sulawesi Selatan : 16.640 ha
  6. Danau Ranau, di Lampung, Sumatra Selatan : 12.528 ha
  7. Danau Lauttawar, Dataran Tinggi Gayo, Kab. Aceh Tengah, Aceh : 10.937 ha
  8. Danau Singkarak, Sumatra Barat : 10.176 ha
  9. Danau Maninjau, di Kab. Agam, Sumatera Barat : 9.980 ha
  10. Danau Tempe, di Kab. Wajo, Sulawesi Selatan : 9.406 ha

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia, semoga menambah manfaat pengetahuan.

Related For 6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori