Sejarah Negara

Website History

Menu

6 satelit buatan manusia

September 27, 2014 | Teknologi

6 satelit buatan manusia – Dalam arti luas, satelit adalah suatu benda langit yang secara alamiah berputar mengelilingi planet, seperti satelit yang mengelilingi bumi disebut bulan. Sesuai dengan kemajuan teknologi manusia mampu menciptakan satelit buatan. Satelit buatan adalah benda-benda buatan manusia yang ditempatkan dalam orbit dengan tujuan tertentu.

Satelit buatan manusia pertama yang diluncurkan ke orbit bumi adalah Sputnik I miliki Uni Soviet yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957. Satelit buatan manusia tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Satelit Sumber Daya Alam

Satelit Sumber Daya Alam diluncurkan ke antariksa adalah untuk mendapatkan informasi daya alam yang ada di bumi baik dalam bidang pertanian, perikanan, maupun pertambangan. Pada tanggal 17 Maret tahun 1958 diluncurkan satelit sumber daya alam pertama oleh Amerika Serikat dengan nama Vanguard I.

2. Satelit Geodesi

Tujuan diluncurkannya satelit Geodesi ke antariksa adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang medan gravitasi bumi, pemetaan permukaan bumi, dan untuk mengamati angkasa luar lebih baik bila dibandingkan dari bumi. Satelit Geodesi pertama diluncurkan Uni Soviet pada tanggal 25 Mei tahun 1958 dengan nama Sputnik III.

6 satelit buatan manusia

3. Satelit Navigasi

Satelit Navigasi diluncurkan ke antariksa dengan tujuan untuk membantu navigasi dalam bidang pelayaran dan pengembangan. Satelit Navigasi pertama diluncurkan Amerika Serikat pada tanggal 13 April 1960 dengan nama Transit.

4. Satelit Meteorologi

Satelit Meteorologi diluncurkan ke antariksa dengan tujuan untuk pengamatan cuaca, musim, angin, awan, dan temperatur. Satelit Meteorologi seperti satelit Titos, Ess, dan Nimbos.

5. Satelit Militer

Satelit Militer diluncurkan ke antariksa untuk kepentingan militer, dilengkapi dengan alat pengindraan sinar infra merah. Contoh satelit militer yaitu : satelit Samos dan satelit Vela. Satelit Samos buatan Amerika Serikat berfungsi untuk mengintai dan mengetahui pangkalan-pangkalan militer lawan. Sedangkan Satelit Vela untuk mengetahui ada tidaknya percobaan nuklir secara diam-diam oleh negara lain.

6. Satelit komunikasi

Tujuan satelit komunikasi diluncurkan ke antariksa adalah untuk kelancaran komunikasi. Amerika Serikat meluncurkan satelit komunikasi yang pertama pada tanggal 10 Juli 1962 dengan nama Telstar I.

Satelit komunikasi dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Satelit pemantau (satelit pasif) yang hanya berfungsi sebagai reflektor (pemantau) bagi sinyal-sinyal gelombang mikro yang dipancarkan dari stasiun bumi.
  2. Satelit pengulang (satelit aktif), yaitu satelit yang dapat menerima suatu sinyal dan dapat memperkuat serta memantulkan ulang sinyal tersebut karena memiliki alat pemancar ulang yang disebut transponder.

Adapun manfaat satelit buatan manusia tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Mengembangkan industri antariksa untuk mendesain dan membuat perlengkapan ruang angkasa.
  2. Mempermudah dalam menerima pesan mengenai citra cuaca, dengan foto-doto yang dibuat satelit cuaca.
  3. Memancarkan siaran televisi ke seluruh dunia.

Baca juga : Sejarah peluncuran Satelit Palapa dan manfaatnya

Demikian 6 satelit buatan manusia, semoga menjadi catatan sejarah.

Related For 6 satelit buatan manusia